Text
Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Motivasi Belajar IPS Siswa IPS Kelas VIII MTs Nahdliyatul Islamiyah Blumbungan Pamekasan
Kata Kunci: Media Sosial, Motivasi Belajar
Media social adalah sebuah sarana yang memungkinkan para penggunanya menampilkan
sesuai apa yang diinginkan penggunanya. Dampak penggunaan media sosial sangatlah besar dan
berbahaya jika digunakan secara berlebihan termasuk bagi para pelajar. Berdasarkan permasalahan
tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu:
pertama, adakah pengaruh penggunaan media social terhadap motivasi belajar ips siswa kelas VIII
MTs Nahdliyatul Islamiyah, kedua, seberapa besar pengaruh penggunaan media sosial terhadap
motivasi belajar ips siswa kelas VIII MTs Nahdliyatul Islamiyah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik statistik deskriptif. Sumber
data diperoleh melalui kuesioner dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa
kelas VIII MTs Nahdliyatul Islamiyah Blumbungan Pamekasan yang berjumlah 30 siswa dengan
menggunakan sampel jenuh yang artinya peneliti mengambil semua populasi untuk dijadikan
sampel. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis uji t (parsial).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, nilai t hitung menunjukkan nilai sebesar -1,
056 dengan nilai signifikansi sebesar 0, 300. Dimana 0,300 > 0,05 dan nilai t hitung -1,056 < t tabel
2,048. Kedua, hipotesis ditolak dengan nilai signifikansi sebesar 0,300 yang berarti lebih besar
dari probabilitas 0,05. Maka, penggunaan media social tidak berpengaruh terhadap motivasi
belajar siswa
Tidak tersedia versi lain