Text
Implementasi Model Pengajaran Advokasi pada Pembelajaran IPS di MTs Zainul Hasan Kangayan Sumenep
Kata kunci: Model, pembelajaran advokasi, Ilmu Pengetahuan Sosial
Terdapat dua hal yang menjadi fokus dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana
Implementasi Model Pengajaran Advokasi pada Pembelajaran IPS di MTs Zainul Hasan
Kangayan Sumenep. Ke dua, Apa faktor pendukung dan penghambat dari Implementasi
Model Pengajaran Advokasi pada Pembelajaran IPS di MTs Zainul Hasan Kangayan
Sumenep.
Dalam penelitian ini lokasi yang di ambil di MTs Zainul Hasan Kangayan Sumenep, lalu
data tersebut di sajikan dalam bentuk laporan hasil penelitian. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan menggunakan analisis data diskriftif. Sumber data yang di
peroleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah,
guru IPS, murid di MTs Zainul Hasan Kangayan Sumenep. Sedangkan pengecekan
keabsahan data di lakukan melalui perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamatan, dan
tri angulasi.
Dari penelitian yang di lakukan maka telah di peroleh kesimpulan. “pertama, langkahlangklah yang dilakukan guru IPS dalam pembelajaran IPS pada model pengajaran advokasi
di MTs Zainul Hasan Kangayan adalah yang pertama mempersiapkan RPP terlebih dahulu
sesuai dengan silabus yang sudah ada, kemudian menyiapkan sumber belajar yang akan
digunakan, serta menyiapkan media pembelajaran IPS yang sesuai dengan mata pelajaran
yang akan berlangsung, kedua, pendidik atau guru memberitahukan materi yang akan di
bahas, ketiga, faktor pendukung dan faktor penghambat faktor pendukung yaitu: (1).
Pemahaman guru terhadap model pengajaran advokasi (2).peran serta kepala sekolah (3).
Kenyamannan lingkungan. Adapun faktor penghambatnya yaitu: (1). Kurangnya perhatian
guru (2). Minimnya sarana dan prasarana
Tidak tersedia versi lain