Text
Upaya Guru IPS Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Video di Kelas VII MTsN 4 Pamekasan,
Kata Kunci : Penggunaan Media Video dan Hasil Belajar
Pendidik dalam proses pembelajaran tertentu pasti menggunakan media
pembelajaran sebagai alat bantu mengajarnya guna mempermudah dalam
mencapai tujuan pembelajaran yang dikehendaki, salah satu media pembelajaran
yang banyak digunakan yakni media pembelajaran video sebagaimana yang
digunakan oleh guru IPS di MTsN 4 Pamekasan. Namun sejauh ini mayoritas
guru menggunakan media pembelajaran yang cenderung monoton, kurang efektif
dan kurang efisien sehingga hal tersebut berimplikasi terhadap hasil belajar siswa.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada 3 pokok permasalahan yang menjadi kajian
dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana upaya guru IPS dalam
meningkatkan hasil belajar siswa melalui media pembelajaran video di kelas VII
MTsN 4 Pamekasan, kedua, Apa saja faktor pendorong dan penghambat dari
upaya guru IPS dalam meningkatkan hasil belajar siswa melalui media
pembelajaran video di kelas VII MTsN 4 Pamekasan, ketiga, Bagaimana solusi
dari kendala yang dihadapi pendidik dalam penggunaan media video dikelas VII
MTsN 4 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data diperoleh melalui, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun
informan dalam penelitian ini adalah pihak yang berhubungan langsung dengan
topik yang teliti, seperti kepala sekolah, guru IPS, dan siswa kelas VII MTsN 4
Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui
peningkatan ketekunan, perpanjangan keikutsertaan, dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) upaya guru IPS dalam
meningkatkan hasil belajar yaitu dengan guru membantu siswa untuk aktif dalam
pembelajaran, guru menggunakan media pembelajaran video, guru memanfaatkan
fasilitas yang ada , (2) faktor pendorongnya antara lain; siswa dapat aktif dengan
media pembelajaran yang menarik, siswa memiliki kecenderungan menonton
video, tersedianya fasilitas madrasah yang memadai. Faktor penghambatnya
antara lain; menggunakan media yang menarik diperlukan keterampilan,
kecenderungan siswa yang berlebihan terkadang mengabaikan guru, dan tidak
jarang terjadi ganguan pada fasilitas yang ada, (3) solusi dari kendala yang
dihadapi guru dalam penggunaan media pembelajaran video tersebut antara lain;
guru dapat mengikuti kegiatan BIMTEK guna menunjang kemampuan
personalnnya, perlunya arahan dan bimbingan guru pada siswa, perlunya
pengecekan dan pemeliharaan pada fasilitas penunjang video
Tidak tersedia versi lain