Text
mplementasi Manajemen Bimbingan Dan Konseling dalam Penanganan Kenakalan Siswa di SMP Negeri 3 Sampang,
Kata Kunci: Implementasi, Manajemen BK, Penanganan Kenakalan Siswa
Penelitian ini dilatarbelakangi pada ketertarikan peneliti terhadap
implementasi manajemen bimbingan dan konseling dalam penanganan kenakalan
siswa di SMP Negeri 3 Sampang. Yang mana dalam bimbingan dan konseling
dalam penanganan siswa sangat penting dengan menerapkan manajemen, dengan
seperti itu bisa mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Melihat hal tersebut maka
fokus penelitian adalahbagaimana gambaran kenakalan siswa di SMPN 3
Sampang? Bagaimana manajemen bimbingan dan konseling dalam penanganan
kenakalan siswa di SMPN 3 Sampang? apa saja faktor pendukung dan faktor
penghambat bimbingan dan konseling dalam penanganan kenakalan siswa di
SMPN 3 Sampang?
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan
dekriptif. Data yang diperoleh dilakukan dengan wawancara (semi terstruktur),
observasi (non partisipan), dan dokumentasi. Sedangkan sumber datanya yaitu
dari guru bimbingan konseling, waka kesiswaan dan guru mata pelajaran.
Sedangkan pengecekan keabsahan datanya dilakukan melalui perpanjangan
keikutsertakan, ketekunan pengamat, dan triangulasi.
Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa:
1). Gambaran kenakalan siswa yaitu kenakalan siswa merupakan bentuk
perbuatan yang penyimpang dari aturan, norma-norma, serta sosial. Untuk
kenakalan siswa yaitu bolos, merokok, lompat pagar, tidak memakai atribut,
serta tidak disiplin seperti baju dikeluarkan, terlambat sekolah, dan tidak
mengikuti tata tertib yang ada disekolah.
2). Manajemen BK dalam penanganan kenakalan siswa yaitu manajemen sangat
diperlukan apalagi dalam BK. Bimbingan konseling sangat membutuhkan
manajemen untuk penanganan kenakalan siswa sebab dengan adanya
manajemen tujuan yang ingin dicapai dapat terlaksana sesuai rencana.
3). Faktor pendukung dan faktor penghamabat dalam penangan kenakalan siswa.
Untuk faktor pendukung penanganan siswa ialah guru BK sendiri serta
sarana dan prasarana dan untuk faktor penghambatnya itu terjadi oleh latar
belakang siswanya sendiri
Tidak tersedia versi lain