Text
Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Media Belajar dan Metode Belajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMAN 1 Pademawu
KataKunci : Media Belajar, Metode Belajar, Hasil Belajar
Dalam kegiatan belajar mengajar ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar
pembelajaran tersebut efektif dan efisien. Hal yang harus diperhatikan seperti media belajar dan
metode belajar. Media belajar adalah alat yang digunakan untuk menyalurkan pesan/informasi dari
sumber kepeserta didik. Metode pembelajaran adalah segala cara yang digunakan guru untuk
mengimplementasikan rencana yang sudah disusun guna mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan
pembelajaran erat kaitannya dengan hasil belajar. Jadi dengan tersedianya media pembelajaran
yang baik dan pemilihan metode pembelajaran guru yang tepat, maka akan semakin meningkat
pula hasil belajar yang diperoleh.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara media belajar
dan metode belajar guru terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI di SMAN 1 Pademawu.
Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Pademawu pada bulan agustus – Desember 2021. Objek
penelitian adalah siswa kelas XI jurusan IPS yang berjumlah 72 orang. Dalam penentuan jumlah
sampel peneliti menggunakan rumus slovin dimana jumlah sampel berjumlah 66 orang. Data
tentang persepsi siswa tentang media belajar dan metode belajar guru diperoleh berdasarkan
angket. Sedangkan untuk hasil belajar diperoleh melalui nilai ujian tengah semester. Metode
analisis data menggunakan regresi linear berganda.
Hasil penelitian diperoleh bahwa :. (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara media
belajar dan metode belajar terhadap hasil belajar siswa dengan perolehan hasil uji t yakni fhitung
26,367> ftabel 3,14, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara media belajar terhadap hasil
belajar, dengan perolehan uji t yang mana thitung 3,794 >ttabel 1,998. (3) terdapat pengaruh yang
signifikan antara metode belajar guru terhadap hasil belajar, dengan perolehan hasil uji t yakni t
hitung 5,316> t tabel 1,998 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.
Tidak tersedia versi lain