Text
. Penerapan Metode Menghafal Menggunakan Mind Mapping Dalam Upaya Meningkatkan Daya Ingat Mata Pelajaran IPS di MTs Plus Nurul Ilmi Desa Durbuk.
Kata Kunci: Metode Menghafal Menggunakan Mind Mapping, Hasil Belajar
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi
metode hafalan menggunakan mind mappingdalam upaya meningkatkan daya ingat pada
mata pelajaran IPS di MTs Plus Nurul Ilmi Desa Durbuk Pademawu, 2) Untuk mengetahui
seberapa efektif metode hafalan menggunakan mind mapping pada mata pelajaran IPS di
MTs Plus Nurul Ilmi Desa Durbuk Pademawu.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakn melalui
penelitian, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan
tindakan, observasi, dan refleksi.Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian
ini adalah semua siswa kelas VIII dengan jumlah 17 orang siswa MTS Plus Nurul Ilmi Desa
Durbuk. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuntitatif
yang terdiri dari: 1) reduksi data (data reduction), 2) Penyajian data (data display), 3)
Penarikan kesimpulan/verifikasi data (conclousion drawing/verification).
Berdasarkan hasil analisis penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode
menghafal menggunakan mind mapping meningkatkan hasil belajar dan daya ingat siswa
dapa pembelajaran IPS. Temuan pada penelitian ini sebagai berikut: (1) Pelaksanaan
pembelajaran dengan penerapan metode menghafal menggunakan mind mapping sudah
sesuai dengan sintak yang sudah ditetapkan yaitu siswa mendengarkan materi yang diberikan
oleh peneliti, memahami inti materi, membuat mind mapping, setelah itu siswa diberikan tes.
(2) Meningkatkan nilai rata-rata kelas sebelum diterapkannya metode menghafal yaitu nilai
rata-rata 67 dengan tingkat ketuntasan belajar 29,4%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas yaitu
73 dengan tingkat ketuntasan belajar yaitu 47,05%. Dan siklus II nilai rata-rata sebesar 87
dengan tingkat ketuntasan belajar 88,23%.
Tidak tersedia versi lain