Text
Upaya Guru Dalam Mengimplementasikan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di MTsN 2 Pamekasan
Kata kunci: Metode Demonstrasi, Implementasi, Mata Pelajaran IPS
Dalam kegiatan belajar-mengajar, setiap guru yang memiliki tanggung
jawab terhadap peserta didiknya dalam mata pelajaran tertentu yang mana dalam
memberikan materi tersebut guru harus menggunakan suatu metode yang nantinya
dapat menunjang rasa semangat belajar peserta didik dalam pembelajaran di kelas.
Ha ini juga bertujuan untuk mempermudah guru dalam mentransfer ilmu
pengetahuan kepada peserta didik yang nantinya juga dapat mempermudah
peserta didik dalam memahami materi yang diberikan oleh pendidik, salah satu
metode yang digunakan oleh pendidik yakni metode demonstrasi yang mana
metode ini telah diterapkan oleh guru IPS MTsN 2 Pamekasan.
Namun sejauh ini kebanyakan guru menggunakan metode pembelajaran
yang biasa-biasa saja, seperti halnya metode ceramah yang mana metode ini
dianggap tidak efektif karena peserta didik tidak dapat memerhatikan materi yang
diberikan oleh guru, akibatnya akan berpengaruh terhadap pencapaian pelajaran
anak didik. Berdasarkan paparan ini, maka ada dua permasalahan yang menjadi
kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimanaka upaya guru
dalam mengimplementasikan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPS di
kelas VIII MTsN 2 Pamekasan; kedua, Adakah kendala guru dalam menerapkan
metode demonstrasi pada mata Pelajaran IPS di kelas VIII MTsN 2 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan
jenis penelitain Fenomenologis. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah guru IPS, orang tua siswa, dan
Siswa kelas VIII. Sedangkan pengecekan data menggunakan perpanjangan
pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Untuk analisis data
menggunakan tiga tekhnik, yaitu cheking data, organizing (pengelompokan),
conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mengimplementasikan metode
demonstrasi dapat memperdalam tingkat pemahaman siswa pada mata pelajaran
IPS kelas VIII di MTsN 2 Pamekasan sebagai berikut: pertama, upaya dalam
penerapan metode demonstrasi sesuai dengan kondisi kelas dan materi tertentu,
harus disesuaikan dengkan kemampuan setiap siswa karena setiap siswa memiliki
tingkat kemampuan yang berbeda-beda. Kedua, kendala penerapan metode
demonstrasi sebagai metode pembelajaran diantaranya dalam menjawab soal
membutuhkan waktu yang lama karena siswa diminta maju kedepan satu persatu,
dan biasanya siswa tidak dapat mengikuti pembelajaran dengan kondusif
dikarenakan suasana kelas yang ramai.
Tidak tersedia versi lain