Text
Penggunaan Media Pembelajaran Peta Dan Globe Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMPN 2 Pademawu Pamekasan
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Peta dan Globe, Ilmu Pengetahuan Sosial
Fenomena yang terjadi di SMPN 2 Pademawu Pamekasan ialah pada saat
kegiatan proses pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di kelas VIII guru
menggunakan media pembelajaran peta dan globe tujuannya agar dapat
meningkatkan pemahaman siswa mengenai letak geografis yang ada dibumi
dengan media pembelajaran ini siswa lebih aktif dan semangat dalam mengikuti
kegiatan proses pembelajaran ilmu pegetahuan sosial.
Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu:
Pertama, bagaimana penggunaan media pembelajaran peta dan globe pada mata
pelajaran ilmu pengetahuan sosial di SMPN 2 Pademawu Pamekasan. Kedua, apa
saja faktor penghambat dan pendukung penggunaan media pembelajaran peta dan
globe pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di SMPN 2 Pademawu
Pamekasan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah
deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan
dokumentasi. Analisis data dengan melakukan reduksi data, menyajikan data dan
verifikasi data. Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan
perpanjangan keikutsertaan dan trianggulasi sumber serta metode.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, penggunaan media
pembelajaran peta dan globe pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di
SMPN 2 Pademawu Pamekasan, diantaranya ialah: a). Kegiatan pembukaan. Guru
memberikan pengatar mengenai materi yang akan di pelajarinya serta memberikan
motivasi belajar kepada peserta didik. b). Kegiatan inti. Pada saat kegiatan proses
pembelajaran ilmu pengetahuan sosial tentang alam dan lingkungan guru
menggunakan media pembelajaran peta dan globe. Media pembelajaran tersebut
berfungsi sebagai alat bantu dalam penyampaian materi tentang alam dan
lingkungan pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Dengan menggunakan
media pembelajaran peta dan globe terbukti dapat meningkatkan hasil belajar
serta siswa bisa lebih mudah dalam memahami materi tentang alam dan
lingkungan pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial yang disampaikan. c).
Kegiatan penutup. Guru menyimpulkan inti dari materi pelajaran yang telah
dipelajarinya serta memberikan soal-soal kepada siswa. Kedua, faktor
penghambat dari penggunaan media pembelajaran peta dan globe pada mata
pelajaran ilmu pengetahuan sosial di SMPN 2 Pademawu Pamekasan, ialah:
kurangnya motivasi sehingga menyebabkan siswa bermalas-malasanan dan juga
ada sebagan siswa sulit untuk dia atur ketika bergurau sehingga guru memberikan
sangsi terhadap siswa yang melanggar, seperti di suruh berdiri didepan kelas.
Adapun faktor pendukungnya, ialah: lengkapnya sarana dan prasarana seperti
meja, kursi, alat tulis, proyektor dan refrensi-refrensi yang ada di perpustakaan
SMPN 2 Pademawu Pamekasan
Tidak tersedia versi lain