Text
Pengaruh Kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS) Terhadap Pembentukan Kepercayaan Diri Peserta Didik di MTs. Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan,
Kata Kunci: MOS, Kepercayaan Diri, Siswa
MOS merupakan kegiatan penerimaan siswa baru dengan mengenalkan
situasi dan kondisi lingkungan sekolah, yang meliputi lingkungan fisik dan
lingkungan sosial sekolah. Pada umumnya kegiatan MOS seringkali
disalahgunakan oleh siswa senior, yang mana digunakan sebagai ajang
perploncoan. Untuk merespon tindakan negatif dalam kegiatan MOS di sekolah,
perlu dengan adanya perubahan peraturan dari kepala sekolah. Karena hal tersebut
erat kaitannya dengan rasa kepercaayaan diri peserta didik dalam beradaptasi
dengan lingkungan barunya di sekolah.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan dalam penelitian ini,
yaitu: pertama adakah pengaruh kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS) terhadap
pembentukan kepercayaan diri peserta didik di MTs. Miftahul Qulub Polagan
Galis Pamekasan dan kedua seberapa besar pengaruh kegiatan Masa Orientasi
Siswa (MOS) terhadap pembentukan kepercayaan diri peserta didik di MTs.
Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pendekatan kuantitatif yang
bersifat korelasi. Adapun pengambilan sampelnya menggunakan metode stratified
random sampling yang merupakan pengambilan sampel secara acak dan
bertingkat dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 61 siswa. Sedangkan
analisis data yang digunakan yaitu analisa korelasi rank spearman dengan
menggunakan program SPSS.
Tidak tersedia versi lain