Text
Penerapan Model Problem Based Learning dalam Mengembangkan Kesadaran Sosial Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VIII MTS Darut Thalibin Pamekasan Tahun Pelajaran 2021/2022
Kata Kunci : Model, Problem Based Learning, Kesadaran Sosial
Model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning)
diorientasikan mampu membentuk kesadaran sosial peserta didik, sehingga
perkembangan emosional dan intelektual siswa atau peserta didik dapat berjalan
seimbang, kesadaran sosial terutama dalam mata pelajaran IPS merupakan unsur
yang tidak dapat dielakkan berperan penting dalam membangun jiwa sosial dan
kepedulian sosial baik dalam pembentukan jati dirinya maupun secara eksplisit
dalam membentuk lingkungan sosial yang mendidik dan mendewasakan. Oleh
karena itu, penelitian ini memfokuskan pada tiga fokus penelitian yakni
Bagaimana proses perencanaan model Problem Based Learning dalam
mengembangkan kesadaran sosial siswa pada mata pelajaran IPS. Bagaimana
pelaksanaan model Problem Based Learning dalam mengembangkan kesadaran
sosial siswa serta bagaimana hasil dan implikasi model Problem Based Learning
dalam mengembangkan kesadaran sosial siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII
MTS Darut Thalibin Pamekasan tahun pelajaran 2021/2022
Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian
kualitatif dengan jenis penelitian studi lapangan (Field Research). pendekatan
yang akan digunakan oleh peneliti adalah pendekatan deskriptif melalui fokus
model pembelajaran berbasis masalah. Adapun metode yang peneliti gunakan
dalam rangka pengumpulan data-data dalam penelitian ini adalah wawancara,
observasi dan dokumentasi.
Melalui metode penelitian di atas, hasil penelitian ini mencakup tiga hal
yang merupakan jawaban dari rumusan masalah. Pertama, Proses perencanaan
model Problem Based Learning dalam mengembangkan kesadaran sosial siswa
meliputi tahapan perencanaan, yaitu: mengidentifikasi topik, penentuan tujuan
belajar, pengidentifikasian masalah, mengakses masalah. Kedua, Tahapan-tahapan
dalam pelaksanaan model problem based learning atau pembelajaran berbasis
masalah adalah sebagai berikut: Penjelasan tujuan dan motivasi,
Pengoorganisasian, Pengumpulan informasi, Analisis masalah, Refleksi dan
Evaluasi Ketiga, hasil dan implikasi model Problem Based Learning dalam
mengembangkan kesadaran sosial siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII MTS
Darut Thalibin Pamekasan tahun pelajaran 2021/2022 dapat dilihat dari berbagai
indikator yang digunakan dalam menganalisis model pembelajaran berbasis
masalah ini terhadap kesadaran sosial siswa setidak-tidaknya dapat dipahami
dalam dua aspek yakni empati dan implementasi empati tersebut ke dalam
perilaku. Dua aspek ini sebagai garis besar dari berbagai indikator di atas tampak
pada bagaimana siswa memiliki antusisa, tanggung jawab dan mampu menghargai
orang lain sebagai bentuk pengembangan kesadaran sosial siswa.
Tidak tersedia versi lain