Text
Analisis Implementasi Metode Pembelajaran Crossword Puzzle (Teka-teki silang) Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII A SMP 1 Muhammadiyah Pamekasan,
Kata Kunci : Metode, Teka-teki Silang, IPS.
Dalam proses pembelajaran, guru pada suatu mata pelajaran tertentu pasti
menggunakan metode pembelajaran untuk mempermudah tercapainya tujuan pembelajaran.
Melalui penggunaan suatu metode pembelajaran tertentu, guru dapat mentransfer ilmu
pengetahuan kepada siswa dengan mudah serta lebih menjamin kesuksesan pembelajaran,
keberadaan metode pembelajaran dirasa penting, mengingat sejauh ini mayoritas guru dalam
suatu pendidikan masih banyak yang menggunakan metode yang cendrung monoton, tidak
efisien dan juga tidak efektif sehingga dampaknya berpengaruh pada capaian belajar anak
didik yang minim. Oleh karena itu guru harus senantiasa melakukan inovasi metode
pembelajaran guna meningkatkan antusias belajar siswa salah satunya dengan menggunakan
metode teka-teki silang pada mata pelajaran IPS. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua
permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu : pertama, Bagaimana
penerapan metode teka-teki silang pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP 1
Muhammadiyah Pamekasan; kedua, Apa saja kendala guru dalam penerapan metode tekateki silang pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP 1 Muhammadiyah Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.
Adapun sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan juga dokumentasi.
Informannya adalah yang menurut peneliti dianggap menguasai bidang yang diteliti oleh
peneliti, seperti Kepala Sekolah serta Guru IPS di SMP 1 Muhammadiyah Pamekasan.
Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjang keikutsertaan,
peningkatan ketekunan dan triangulasi.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1)Metode teka-teki silang sering digunakan
oleh guru IPS yang ada di SMP 1 Muhammadiyah Pamekasan, penerapan metode teka-teki
silang menjadikan siswa semakin kreatif dan aktif mengikuti KBM. (2) Faktor Pendukung
implementasi metode teka-teki silang diantaranya yakni metode crossword puzzle (teka-teki
silang) mudah diterapkan dalam proses pembelajaran, antusias belajar anak didik tinggi,
relevan dengan tuntutan kurikulum 2013 yang menekankan keaktifan siswa serta solidaritas
antar siswa di kelas VIII meningkat. Adapun kendala implementasi metode crossword puzzle
(teka-teki silang) diantaranya keberagaman kemampuan yang dimiliki oleh siswa, terdapat
beberapa siswa yang mengandalkan temannya untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh
guru serta instruksi kegiatan pembelajaran yang belum jelas
Tidak tersedia versi lain