Text
Peran Motivasi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII di MTs Al-Ishlah Ganding Sumenep
Kata Kunci: Motivasi Orang Tua, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial
Adapun fenomena yang terjadi di kelas VII di MTs Al-Ishlah Ganding Sumenep dalam
kegiatan proses pembelajaran terjadi penurunan nilai hasil belajar siswa, dibuktikan dengan
daftar nilai yang didapatkan oleh peneliti. Hal ini disebabkan karena kurangnya motivasi dari
orang tua dalam meningkatkan hasil belajarnya. Sehingga peran motivasi orang tua dalam
meningkatkan hasil belajar siswa sangat penting sekali karena akan berdampak terhadap hasil
belajar siswa yang di dapatkan siswa di sekolah.
Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu: Pertama,
Bagaimana peran motivasi orang tua dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas VII di MTs Al-Ishlah Ganding Sumenep. Kedua,
Apa saja faktor pendukung dan penghambat peran motivasi orang tua dalam meningkatkan
hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas VII di MTs Al-Ishlah
Ganding Sumenep
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif.
Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data
dengan melakukan Reduksi Data, Menyajikan Data dan Verification Data. Data yang
diperoleh di cek keabsahan datanya dengan perpanjangan keikutsertaan dan trianggulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, peran motivasi orang tua terhadap hasil
belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas VII di MTs Al-Ishlah
Ganding Sumenep adalah orang tua selalu memperhatikan pendidikan anaknya, seperti:
mereka mendapingi terhadap proses belajar anaknya, memperhatikan akan kepentingan dan
kebutuhan anaknya dalam belajar, mengatur waktu belajarnya, menyediakan atau melengkapi
alat belajar, mau tahu bagaimana kemajuan belajar anaknya, dan lain-lain. Orang tua yang
selalu memberikan perhatian pada anaknya, terutama perhatian pada kegiatan belajar mereka
di rumah, membuat anak akan lebih giat dan lebih bersemangat dalam belajar karena ia tahu
bahwa bukan dirinya sendiri saja yang berkeinginan untuk maju, akan tetapi orang tuanya
juga memiliki keinginan yang sama. Sehingga hasil belajar atau prestasi belajar yang di raih
oleh siswa menjadi lebih baik. Kedua, faktor penghambat peran motivasi orang tua dalam
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial Kelas VII di
MTs Al-Ishlah Ganding Sumenep yaitu: kodisi fisik anak, serta lingkungan sekitar.
Sedangkan faktor pendukung adalah dengan pemberian stimulus berupa reward atau
punishment serta perhatian dari orang tua
Tidak tersedia versi lain