Text
Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Youtube dalam Pembelajaran Teks Pidato Kelas XI MA Miftahul Ulum Pagendingan Galis Pamekasan
Kata Kunci : Media Audio Visual, Youtube, Teks Pidato.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan media pembelajaran yang
sudah modren di MA Miftahul Ulum Pagendingan Galis Pamekasan, yaitu dengan
menggunakannya media audio visual berbasis youtube yang digunakan dalam
pembelajaran teks pidato. Digunakan dalam pembelajaran teks pidato karena
media audio visual berbasis youtube tersebut cocok digunakan dalam
pembelajaran teks pidato. Disetiap akhir tahun juga serig diadakan perlombaan
salah satunya lomba pidato.
Fokus penelitian ini adalah yang pertama untuk mendeskripsikan
penggunaan media audio visual berbasis youtube dalam pembelajaran teks pidato
siswa kelas XI MA Miftahul Ulum Pagendingan Galis Pamekasan, yang kedua
untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan faktor pendukung dalam
penggunaan media audio visual berbasis youtube dalam pembelajaran teks pidato
siswa kelas XI MA Miftahul Ulum Pagendingan Galis Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data
dalam penelitian ini yaitu guru bahasa indonesia dan siswa kelas XI MA Miftahul
Ulum, rpp, profil sekolah, dan data-data lainnya. Pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan
pengecekan keabsahan datanya dalam penelitian ini menggunakan teknik
triangulasi, yaitu triangulasi metode.
Hasil dari penelitian ini adalah dalam penggunaan media audio visual berbasis
youtube dalam pembelajaran teks pidato yang pertama guru menyiapkan
perencanaan pembelajaran yang terdiri dari RPP, laptop, link youtube dari contoh
video pembacaan teks pidato (https://youtu.be/r4L82k0CxQU), setelah itu guru
melaksanakan pembelajaran seperti yang sudah tertuang dalam RPP, yaitu pada
kegiatan elaborasi, guru memperlihatkan contoh dari pembacaan teks pidato dari
salah satu chanel youtube yang sudah di sediakan. Guru memberikan tugas untuk
membaca pidato, siswa diberi kesempatan buat latihan, guru menunjuk satu
persatu siswa untuk berpidato. Dan hasil dari penggunaan media audi visual
berbasis youtube ini, siswa jadi semangat belajar dan bisa membaca pidato dengan
baik dan benar. Faktor penghambat dalam pembelajaran ini, tidak bisa
menggunakan LCD, sehingga guru harus membentuk beberapa kelompok. Faktor
pendukung dalam pembelajaran ini yaitu guru yang memiliki kemampuan yang
mumpuni dalam penggunaan media pembelajaran, siswa yang mudah tanggap,
dan fasilitas yang memadai
Tidak tersedia versi lain