Text
“Penerapan Pendekatan Interdisipliner Dalam Pembelajaran IPS Terpadu Di Kelas VII SMP Mambaul Ulum Bata-Bata”
Kata Kunci: Pendekatan Interdisipliner, IPS Terpadu
Dalam memaksimalkan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Terpadu di Kelas VII SMP Mambaul Ulum Bata-Bata yang mana sekolah ini
berada dalam lingkungan pesantren yang notabene siswanya terdiri dari kalangan
santri. Untuk itu dibutuhkan sebuah pendekatan yang relevan dengan materi yang
termuat didalamnya, di mana materi yang termuat dalam IPS itu diangkat dari
realitas sosial yang ada ditengah masyarakat juga penyusunan materinya
merupakan perwujudan dari pendekatan interdisipliner, yakni pendekatan
penyusunan dengan melibatkan berbagai sudut pandang keilmuan yang masih
serumpun. Pendekatan ini juga dikenal dengan pendekatan tematik/terpadu.
Berdasarkan hal tersebut, ada tiga permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, pertama: bagiamana penerapan pendekatan
interdispliner dalam pembelajaran IPS Terpadu di Kelas VII SMP Mambaul Ulum
Bata-Bata, kedua apa kendala dalam penerapan pendekatan interdisipliner dalam
pembelajaran IPS Terpadu di Kelas VII SMP Mambaul Ulum Bata-Bata, ketiga
bagaimana solusi terhadap kendala dalam penerapan pendekatan interdisipliner
dalam pembelajaran IPS Terpadu di Kelas VII SMP Mambaul Ulum Bata-Bata.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Informannya adalah guru IPS yang mengajar di Kelas VII SMP Mambaul Ulum
Bata-Bata. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui
perpanjangan keikutsertaan, ketekunan dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, dalam menerapkan
pendekatan interdisipliner dalam pembelajaran IPS Terpadu di kelas VII SMP
Mambaul Ulum Bata-Bata guru membuat RPP sebagai acuan dalam
pembelajaran, guru membagi kelompok untuk berdiskusi materi/topik yang telah
ditentukan untuk diselesaikan dengan menggunkan pendekatan dari berbagai
sudut pandang keilmuan yang tercakup dalam IPS, yakni dari pendekatan
geografis, sosiologis, ekonomi dan historisnya (sejarahnya), kemudian siswa
mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya, kedua, kendala dalam penerapan
pendekatan interdisipliner dalam pembelajaran IPS Terpadu yaitu kurangnya
penguasaan materi IPS Terpadu, guru tidak bisa memaksimalkan waktu, guru
tidak bisa mengkoordinasi kelas dengan tepat, kurangnya buku bacaan sebagai
sumber referensi bagi siswa, rendahnya literasi dan minat baca siswa, ketiga,
solusi guru dalam menghadapi kendala penerapan pendekatan tersebut dalam
pembelajaran IPS Terpadu yaitu guru memperdalam penguasaan materi, guru
memaksimalkan pemetaan waktu, guru mengkoordinasi kelas dengan tepat,
melengkapi buku bacaan bagi siswa, memotivasi siswa untuk giat membaca.
Dari hasil diatas, disarankan bagi guru IPS Kelas VII SMP Mambaul
Ulum Bata-Bata, untuk lebih mengembangkan lagi penerapan pendekatan
interdisipliner dalam pembelajaran IPS terpadu, melalui peningkatan kereatifitas
dan inovasinya dalam pembelajaran, sehingga siswa lebih semangat dan aktif
dalam mengikuti pembelajaran
Tidak tersedia versi lain