Text
Analisis Strategi Digital Marketing dalam Meningkatkan Penjualan Produk Batik Tulis di Dusun Toronan, Desa Larangan Badung, Kecamatan Palengaan, Pamekasan
Kata Kunci: Digital Marketing, Penjualan Produk Batik Tulis
Di Madura, membatik merupakan budaya yang diwariskan turun-temurun.
Zaman yang semakin maju menjadikan perkembangan teknologi dan informasi
menjadi semakin pesat. Digital Marketing menjadi salah satu media pemasaran
yang saat ini sedang banyak diminati oleh masyarakat untuk mendukung berbagai
kegiatan yang dilakukan seperti halnya dalam proses kegiatan bisnis. Dari
permasalahan tersebut terdapat tiga fokus kajian utama dalam penelitian ini, yaitu;
(1) untuk mengetahui strategi digital marketing penjulan produk batik tulis. (2)
Untuk mengetahui bagaimana meningkatkan penjulan produk batik tulis. (3)
Untuk mengetahui strategi digital marketing dalam meningkatkan penjualan
produk batik tulis.
Untuk mencapai tujuan diatas, pendekatan yang digunakan dalam penelitian
ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Dalam
penelitian ini peneliti terjun langsung sebagai instrumen dan teknik pengumpulan
data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Data
dianalisis dengan cara Checking dan Organizing.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Strategi digital marketing yang
digunakan pada penjualan produk batik tulis adalah melalui pemasaran yang
berbasis jejaring sosial. (2) Penjualan batik tulis dari sebelum dan sesudah
menggunakan digital marketing sangat berbeda, mulai dari harga jual sampai
penghasilannya. (3) Strategi digital marketing dalam meningkatkan penjualan
batik tulis dilakukan melalui promosi dengan menggunakan situs jejaring sosial
Tidak tersedia versi lain