Text
“Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kemampuan Mengajar Guru Sosiologi Terhadap Minat Belajar Siswa di MA Nasy-atul Muta’allimin Candi”
Kata Kunci : Kemampuan Mengajar Guru, Minat Belajar Siswa.
Kemampuan atau kompetensi guru sangat mempengaruhi kualitas pendidikan. Oleh
karena itu peningkatan kemampuan guru khususnya dalam pelaksanaan proses pembelajaran
menjadi faktor penting. Karena kualitas pemdidikan terutama ditentukan melalui proses
pembelajaran yang berlangsung di sekolah.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok
dalam penelitian ini, yaitu pertama, apakah ada pengaruh persepsi siswa tentang kemampuan
mengajar guru sosiologi terhadap minat belajar siswa di MA Nasy-atul Muta'allimin Candi,
kedua seberapa besar pengaruh persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru sosiologi
terhadap minat belajar siswa di MA Nasy-atul Muta'allimin Candi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deskristif. Sumber
data diperoleh melalui observasi atau angket. Penelitian ini dilaksanakan di MA Nasy-atul
Muta’allinin Candi pada bulan Maret – Oktober 2022. Objek penelitian adalah seluruh
siswaMA Nasy-atul Muta’allinin Candi jurusan IPS yang berjumlah 68 orang. Data tentang
persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru sosiologi diperoleh berdasarkan angket.
Metode analisis data menggunakan regresi linear sederhana.
Hasil penelitian diperoleh bahwa :. (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara
kemampuan mengajar guru terhadap minat belajar siswa dengan perolehan hasil uji t
thitung>ttabel yaitu 2,024 > 1,997 yang artinya jika thitung lebih besar darittabel maka itu berarti ada
pengaruh positif antara kemampuan mengajar guru terhadap minat belajar siswa. Sedangkan
hasil dari penelitian persamaan regresi linier sederhana diperoleh Y = 44,037 + 0,249 X
berarti jika variable kemampuan mengajar guru bernilai nol atau tetap maka akan
meningkatkan minat belajar siswa sebesar 0,249. (2) besaran pengaruh antara kemampuan
mengajar guru terhadap minat belajar siswa yaitu sebesar 5,8% artinya besaran pengaruh
kemampuan mengajar guru terhadap minat belajar siswa masuk dalam kategori sangat
rendah, juga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima sedangkan Ho ditolak
Tidak tersedia versi lain