Text
Peran Kepala Kelompok Bermain Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di PAUD Al-Waroqot
Kata Kunci: Peran, Kepala Kelompok Bermain, Mutu Pendidikan
Dalam sebuah lembaga pendidikan tentunya perlu adanya seorang
pemimpin yang menjalankan tugas dan kewajibannya dengan baik, begitu pula
dengan pendidikan anak usia dini (PAUD). Kepala sekolah melakukan
peningkatan mutu pendidikan agar lembaga tersebut semakin maju dan
berkualitas. Adapun peran kepala sekolah terdapat tujuh peran, namun karena
keterbatasan waktu peneliti memaparkan dua peran kepala sekolah yaitu peran
sebagai leader dan supervisor.
Dari penjelasan diatas muncul beberapa fokus penelitian sebagai berikut:
pertama,Bagaimana Peran Kepala Kelompok Bermain dalam Peningkatan Mutu
Pendidikan di PAUD Al-Waroqot. Kedua, Apa Saja Faktor Pendukung dan
Penghambat Kepala Kelompok Bermain dalam Peningkatan mutu Pendidikan di
PAUD Al-Waroqot. Penelitian ini pendekatan yang dilakukan oleh peneliti yaitu
pendekatan kualitatif.Dengan prosedur pengumpulan data melalui, wawancara,
observasi dan juga dokumentasi. Sedangkan yang menjadi sumber data yaitu
kepala sekolah, guru KB,dan salah stu orang tua murid..
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama,Kepala sekolah
menjalankan perannya sebagai seorang pemimpin (Leader) di PAUD Al-Waroqot
dengan membingbing para guru dan memberikan motivasi tentang bagaimana cara
memberikan pembelajaran yang baik dan tidak membosankan. Kepala sekolah
dalam menjalankan perannya sebagai supervisor di PAUD/KB Al-Waroqot yaitu
dengan melakukan penindaklanjutan kepada para guru dalam artian kepala
sekolah lakukan pengawasan terhadap guru-guru mengenai bagaimana kinerja
guru dalam mengajar murid di kelas. Selain itu, kepala sekolah juga harus
memahami karakteristik para guru dalam mengajar murid di dalam kelas dan
kepala sekolah ikut andil dalam mengajar murid di dalam kelas sekaligus
melakukan pengawasan terhadap para guru. Kepala sekolah dalam upayanya
untuk meningkatkan mutu pendidikan yaitu dengan melakukan hubungan baik
dengan masyarakat sekitar, karena hal tersebut sangat di perlukan, karna tanpa
adanya dukungan dari masyarakat maka sekolah tersebut tidak akan berjalan
dengan baik. Kedua,Adapun faktor pendukun kepala kelompok bermain dalam
peningkatan mutu pendidikan yaitu adanya dukungan masyarakat sekitar tentang
pentingnya pendidikan anak usia dini bagi semua untuk masa depan, kegiatan
Pembelajaran yang mengutamakan Pembelajaran mengaji (Keislaman), adanya
dukungan dari elemen-elemen yang ada di sekolah baik itu kepala sekolah, guru,
da para staf lainnya. Sedangkan faktor penghambat kepala kelompok bermain
dalam peningkatan mutu pendidikan yaitu kurangnya sarana dan prasarana,
minimnya dana Sekolah, masih adanya siswa yang nakal dan susah di atur, dan
masih Ada Guru yang sering terlambat datang ke sekolah (tidak disiplin)
Tidak tersedia versi lain