Text
Ketersediaan Sumber Belajar dalam Meningkatkan Prestasi Belajar siswa di SMP Negeri 1 Pamekasan
Kata Kunci: Ketersediaan Sumber Belajar, Meningkatkan Prestasi Belajar
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomina tentang Ketersediaan
Sumber Belajar dalam Meningkatkan Prestasi Belajar siswa di SMP Negeri 1
Pamekasan. Dalam interaksi guru dan peserta didik pada pembelajaran bahasa
Indonesia dalam penggunaan sumber belajar untuk meningkatkan prestasi siswa
dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor yang dimaksud yaitu faktor pendukung
dan faktor penghambat.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga faktor yang menjadi kajian
pokok, yaitu: Pertama. Sejauh manakah ketersediaan sumber belajar bahasa
Indonesia siswa di SMP Negeri 1 Pamekasan? Kedua: Apa sajakah faktor
pendukung dan penghambat ketersediaan sumber belajar bahasa Indonesia
siswa di SMP Negeri 1 Pamekasan? Ketiga: Bagaiman solusi sekolah dalam
mengatasi faktor penghambat dalam menyediakan sumber belajar bahasa
Indonesia siswa di SMP Negeri 1 Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif sebagai
pendekatan penelitian yang deskriptif. Sumber datanya adalah kelas VIII SMP
Negeri 1 Pamekasan dan peneliti sebagai instrumennya, sedangkan pengumpulan
data, peneliti menggunakan tiga prosedur yaitu dengan wawancara, observasi
dan dokumentasi, informasinya adalah kepala sekolah, guru dan siswa.
Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan keikutsertaan,
ketekunan pengamat, tringulasi dan uraian rinci.
Tidak tersedia versi lain