Text
Penerapan Strategi Pembelajaran Know-Want To Know-Learned Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII di MTs Al-Qadiry Pamekasan
Kata Kunci : Hasil Belajar, Know-Want To Know-Learned, Mata Pelajaran
IPS, Strategi Pembelajaran.
Pada pembelajaran IPS, proses belajar mengajar di kelas dilakukan dengan
metode ceramah dimana hanya guru yang memberikan informasi sedangkan siswa
hanya mendengarkan. Ketika proses pembelajaran tersebut berlangsung, hampir
40% siswa dalam kondisi mengantuk atau mengobrol. Rasa ingin tahu siswa tidak
terbangun, kemandirian dalam kegiatan pembelajaran pun sedikit sekali terlihat.
Ketekunan yang dimiliki belum tampak. Metode ini juga kurang disenangi oleh
siswa karena ketika siswa menyampaikan pendapat dan pertanyaan, siswa kurang
paham terhadap materi yang dibahas.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah pertama, bagaimana penerapan
strategi know-want to know-learned dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa
kelas VIII di MTs Al-Qadiry. Kedua, bagaimana hasil belajar siswa setelah
menggunakan strategi know-want to know-learned dalam mata pelajaran IPS pada
siswa kelas VIII di MTs Al-Qadiry.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas. Penelitian tindakan kelas merupakan kegiatan pemecahan
masalah yang dimulai dari perencanaan (planning), pelaksanaan (action),
pengumpulan data (observing) dan menganalisis data (reflecting).
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pertama, penggunaan
strategi KWL telah terjadi peningkatan keaktifan siswa setelah pada siswa kelas
VIII mata pelajaran IPS. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai ratarata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan menggunakan strategi
KWL. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada tahap Pra Siklus 69,56, pada siklus I
mencapai 73,91% dan pada siklus II mencapai 81,74%
Tidak tersedia versi lain