Text
Upaya Guru IPS dalam Menginternalisasi Nilai-nilai Multikulturalisme Melalui Pembelajaran IPS Terpadu di SMPI Al-Hamidiyah Kombang Talango Sumenep
Kata Kunci: Internalisasi, Nilai-nilai, Multikulturalisme
Perilaku primordialisme, intoleransi, etnosentrisme, rasismeme dan
deskriminasi, hal itu masih menjadi suatu permasalahan yang sering kita temui oleh
karena itu sangatlah penting melakukan pendidikan multikulturalisme untuk
mengatasi permasalahan tersebut seperti yang di lakukan oleh A. Zubaidi Guru IPS
SMPI Al-Hamidiyah Kombang Talango Sumenep, beliau mengupayakan internalisasi
nilai- nilai multikulturalisme melalui pembelajaran IPS Terpadu di SMPI AlHamidiyah. Oleh karena itu ada tiga permasalahan yang akan menjadi kajian pokok
dalam penelitian ini yaitu: pertama, apa yang melatar belakangi Guru IPS dalam
mengupayakan internalisasi nilai-nilai multikulturalisme memelalui pembelajaran IPS
terpadu di SMPI Al-Hamidiyah Sumenep; kedua, bagaimana cara Guru IPS
menginternalisasi nilai-nilai multikulturalisme melalui pembelajaran IPS terpadu di
SMPI Al-Hamidiyah Sumenep; ketiga, bagaimana hasil upaya Guru IPS dalam
menginternalisasi nilai-nilai multikulturalisme melalui pembelajaran IPS terpadu di
SMPI Al-Hamidiyah Sumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
fenomenologi, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan
perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi. Analisis datanya
peneliti disini menggunakan tiga teknik, yaitu; Checking Data, Organizing Data
(pengelompokan), dan Conclusion Drawing/verification (penarikan kesimpulan).
Hasil penelitian ini menujukan bahwa: Pertama yang melatar belakangi Guru
IPS SMPI Al-Hamidiyah dalam upaya Menginternalisasi Nilai-nilai
Multikulturalisme melalui Pembelajaran IPS di SMPI Al-Hamidiyah yaitu adanya
fenomena intoleransi rasisme diskriminasi dan etnosentrisme, adanya keragaman ras
suku budaya dan agama, adanya intruksi dari Kepala Sekolah untuk melaksanakan
pendidikan multikulturalisme, dan yang terakhir ditetapkannya dalam kurikulum
sekolah. Kedua yaitu cara yang digunakan Guru IPS SMPI Al-Hamidiyah cara
ataupun tahapan dalam upaya menginternalisasi Nilai-nilai multikulturalisme melalui
pembelajaran IPS di SMPI Al-Hamidiyah, tahapan yang pertama adalah transformasi
nilai dengan cara memberi informasi, kemudian tahapan yang kedua adalah transaksi
nilai dengan cara memberi pemahaman yang kemudian disini terdapat komunikasi
dua arah antara Guru dan Siswa-Siswi, tahapan yang ketiga adalah trans internalisasi
nilai yaitu dengan cara pengimplementasian, penugasan yang berorientasi pada
multikulturalisme. Ketiga hasil dari upaya Guru IPS SMPI Al-Hamidiyah dalam
Menginternalisasi Nilai-nilai Multikulturalisme adalah adannya sikap dan sifat yang
berorientasi pada Multikulralisme dengan paradigma keberagaman yaitu toleran adil
demokrasi dan kesetaraan, kemudian adanya sikap dan sifat yang membangun anti
deskriminasi terhadap perbedaan agama ras etnis suku dan budaya, kemudian adanya
sikap dan sifat yang bisa hidup damai berdampingan meski berada dalam lingkaran
perbedaan
Tidak tersedia versi lain