Text
Pengaruh Sarana dan Prasarana Terhadap Efektivitas Pembelajaran IPS Kelas IX di SMPN 2 Sampang
Kata Kunci : Sarana dan Prasarana, Efektivitas Pembelajaran, Pembelajaran
IPS
Untuk menunjang terjadinya efektivitas dalam proses pembelajaran IPS ada
beberapa faktor yang mempengaruhinya, salah satunya yaitu sarana dan prasarana.
Apabila lingkungan sekolahnya baik serta fasilitas yang disediakan sekolah
memadai maka proses pembelajaran juga akan berjalan dengan efektif. Jika
pembelajaran berjalan dengan efektif maka akan tercipta suatu keberhasilan dalam
mencapai tujuan pembelajaran. Sarana dan prasarana merupakan salah satu
komponen penting dalam menunjang terjadinya efektivitas pembelajaran. Adanya
sarana dan prasarana yang baik dan mumpuni baik secara kuantitas maupun kualitas
akan membuat suatu proses belajar mengajar yang efektif, aktif, kreatif, dan
menyenangkan.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh sarana dan
prasarana terhadap efektivitas pembelajaran IPS kelas IX di SMPN 2 Sampang.
Lokasi pada penelitian ini adalah SMP Negeri 2 Sampang yang terletak di Kota
Sampang, Madura. Peneliti melakukan penelitian dimulai pada bulan FebruariMaret 2022. Objek penelitian ini adalah siswa kelas IX yang berjumlah 214 siswa.
Teknik pengambilan sampel yang peneliti gunakan adalah Simple random sampling
dan dalam menentukan jumlah sampel yang dibutuhkan, peneliti menggunkan
rumus Slovin sehingga ditemukan sampel sebanyak 68 siswa. Data penelitian
diambil dengan cara menyebarkan kuesioner yang telah dibuat oleh peneliti kepada
banyaknya jumlah sampel. Metode analisis data menggunakan regresi linear
sederhana.
Hasil penelitian diperoleh bahwa ada pengaruh sarana dan prasarana
terhadap efektivitas pembelajaran IPS kelas IX di SMPN 2 Sampang, dapat dilihat
pada uji parsial dimana hasilnya yaitu nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan
Thitung sebesar 6,369 > Ttabel sebesar 1,996. Yang memiliki arti bahwa sarana dan
prasarana di SMPN 2 Sampang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap
efektivitas pembelajaran IPS siswa kelas IX. Besarnya pengaruh sarana dan
prasarana terhadap efektivitas pembelajaran IPS kelas IX di SMPN 2 Sampang
berdasarkan uji koefesien determinasi adalah sebesar 38,1%. Dapat disimpulkan
bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yaitu ada pengaruh signifikan sarana dan
prasarana terhadap efektivitas pembelajaran IPS kelas IX di SMPN 2 Sampang.
Saran untuk sekolah agar menyediakan lagi fasilitas yang belum terpenuhi atau
yang belum memadai agar pembelajaran lebih berjalan dengan efektif karena sudah
terbukti bahwa sarana dan prasarana yang disediakan SMPN 2 Sampang
mempengaruhi efektivitas pembelajaran siswa
Tidak tersedia versi lain