ttabel (1,66) dengan taraf signifikan 5% yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Koefisien tersebut mengindikasikan bahwasannya ada pengaruh dari interaksi sosial antara guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran ips terhadap sikap sosial siswa kelas VII di SMPN 1 Pasean tahun pelajaran 2021/2022 dengan tingkat presentase 6,6% sedangkan sisanya sebesar 93,4% dipengaruhi oleh sebab-sebab lain diluar variabel atau faktor lain yang tidak diteliti serta nilai Pearson correlation pada Variabel X dan Variabel Y adalah 0,258 yang berarti tingkat korelasi anatara kedua variabel adalah rendah" />
Text
Pengaruh Interaksi Sosial Antara Guru dan Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran IPS Terhadap Sikap Sosial Siswa Kelas VII di SMPN 1 Pasean Tahun Pelajaran 2021/2022
Kata Kunci: Pengaruh, Interaksi Sosial, Sikap Sosial
Berbagai macam permasalahan yang dihadapi oleh guru, salah satu diantaranya
adalah seperti yang terjadi di SMP Negeri 1 Pasean yakni menurunnya sikap sosial yang
dimiliki oleh siswa. Pada hakikatnya setiap guru dari berbagai macam mata pelajaran di
SMPN 1 Pasean sudah berusaha menanamkan sikap sosial kepada para siswanya pada saat
mereka melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan cara mereka masing-masing.
Berdasarkan hal tersebut, maka yang menjadi permasalahan pokok dalam penelitian ini
adalah "Bagaimana pengaruh interaksi sosial antara guru dan siswa dalam kegiatan
pembelajaran IPS terhadap sikap sosial siswa kelas VII di SMPN 1 Pasean.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh interaksi sosial antara
guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran IPS terhadap sikap sosial siswa. Penelitian
ini dilakukan di kelas VII SMPN 1 Pasean tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah
siswa 70 yang terdiri dari 3 kelas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan
angket kepada siswa, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis
statistik uji-t.
Hasil dari analisis regresi linier sederhana dalam uji t menunjukkan bahwa
Interaksi sosial antara guru dan siswa memiliki thitung (2,198) > ttabel (1,66) dengan taraf
signifikan 5% yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Koefisien tersebut mengindikasikan
bahwasannya ada pengaruh dari interaksi sosial antara guru dan siswa dalam kegiatan
pembelajaran ips terhadap sikap sosial siswa kelas VII di SMPN 1 Pasean tahun pelajaran
2021/2022 dengan tingkat presentase 6,6% sedangkan sisanya sebesar 93,4% dipengaruhi
oleh sebab-sebab lain diluar variabel atau faktor lain yang tidak diteliti serta nilai Pearson
correlation pada Variabel X dan Variabel Y adalah 0,258 yang berarti tingkat korelasi
anatara kedua variabel adalah rendah
Tidak tersedia versi lain