Text
Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Citra Lembaga di Ma Nurul Islam Karangcempaka Bluto Sumenep
Kata Kunci: Pemasaran, Jasa Penddikan, Citra Lembaga.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan citra lembaga di MA Nurul Islam Karangcempaka Bluto Sumenep dan adanya persaingan antar lembaga pendidikan. Sehingga penelitian ini dilakukan betujuan untuk (1) Mengetahui bagaimana penerapan strategi yang digunakan MA. Nurul Islam Karangcempaka Bluto Sumenep untuk memasarkan jasa pendidikan (2) Mengetahui bagaimana startegi jasa pendidikan guna meningkatkan citra lembaga yang dilakukan oleh MA. Nurul Islam karangcempaka Bluto Sumenep (3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan citra lembaga diMA Nurul Islam Karangcempaka Bluto Sumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MA Nurul Islam Karangcempaka Bluto Sumenep. Subjek dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Bagian Humas, Bagian Kesiswaan, Guru. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksa keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan Strategi yang digunakan MA Nurul Islam Karangcempaka Bluto Sumenep adalah: (a) Menyediakan atribut pemasaran jasa pendidikan seperti brosur, banner, dan sosial media. Lembaga menggunakan suatu media baik itu media elektronik dan media cetak dengan tujuan untuk mengenalkan dan memberikan informasi lengkap terkait visi dan misi lembaga dan keunggulan lembaga. Penggunaan media sosial kami terapkan karena mengikuti perkembangan zaman sesuai dengan era saat ini. Cara yang kedua, yaitu menjalin ikatan emosional dengan para alumni dan beberapa masyarakat agar secara turun temurun bersedia menyekolahkan anak-anaknya ke lembaga MA Nurul Islam. Ikatan ini sudah terjalin sejak lama dan masih terealisai sampai saat ini. (2) Strategi Jasa Pendidikan Guna Meningkatkan Citra Lembaga yang dilakukan Oleh MA. Nurul islam adalah (b) Strategi jasa pendidikan guna meningkatkan citra lembaga meliputi pematangan atau penguatan program-program yang bersifat akademik atau non akademik misalnya dibidang akademik ada tiga bahasa yaitu, bahasa arab, bahasa inggris, bahasa asing (mandarin). Dibidang non akademik yaitu, kemputer. Dan meningkatkan sarana dan prasarana yang berfungsi sebagai fasilitas yang bisa membantu siswa dan siswi untuk dapat menciptakan siswa yang berprestasi baik akademik dan non akademik. (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan citra lembaga diMA Nurul Islam Karangcempaka Bluto Sumenep adalah (b) Pertama, memiliki pendidik dan tenaga pendidikan yang bertanggung jawab atas tugasnya. Kedua, memiliki media pemasaran jasa pendidikan seperti website, Instagram, dan Youtube yang mampu memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi terkait visi, misi, tujuan serta keunggulan lembaga, Untuk faktor penghambatnya yaitu dari segi keuangan, dalam memberikan layanan pendidikan yang bermutu, maka membutuhkan biaya yang cukup besar, oleh karena itu masalah dalam keuangan masih menjadi kendala
Kata Kunci: Pemasaran, Jasa Penddikan, Citra Lembaga.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan citra lembaga di MA Nurul Islam Karangcempaka Bluto Sumenep dan adanya persaingan antar lembaga pendidikan. Sehingga penelitian ini dilakukan betujuan untuk (1) Mengetahui bagaimana penerapan strategi yang digunakan MA. Nurul Islam Karangcempaka Bluto Sumenep untuk memasarkan jasa pendidikan (2) Mengetahui bagaimana startegi jasa pendidikan guna meningkatkan citra lembaga yang dilakukan oleh MA. Nurul Islam karangcempaka Bluto Sumenep (3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan citra lembaga diMA Nurul Islam Karangcempaka Bluto Sumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MA Nurul Islam Karangcempaka Bluto Sumenep. Subjek dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Bagian Humas, Bagian Kesiswaan, Guru. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksa keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan Strategi yang digunakan MA Nurul Islam Karangcempaka Bluto Sumenep adalah: (a) Menyediakan atribut pemasaran jasa pendidikan seperti brosur, banner, dan sosial media. Lembaga menggunakan suatu media baik itu media elektronik dan media cetak dengan tujuan untuk mengenalkan dan memberikan informasi lengkap terkait visi dan misi lembaga dan keunggulan lembaga. Penggunaan media sosial kami terapkan karena mengikuti perkembangan zaman sesuai dengan era saat ini. Cara yang kedua, yaitu menjalin ikatan emosional dengan para alumni dan beberapa masyarakat agar secara turun temurun bersedia menyekolahkan anak-anaknya ke lembaga MA Nurul Islam. Ikatan ini sudah terjalin sejak lama dan masih terealisai sampai saat ini. (2) Strategi Jasa Pendidikan Guna Meningkatkan Citra Lembaga yang dilakukan Oleh MA. Nurul islam adalah (b) Strategi jasa pendidikan guna meningkatkan citra lembaga meliputi pematangan atau penguatan program-program yang bersifat akademik atau non akademik misalnya dibidang akademik ada tiga bahasa yaitu, bahasa arab, bahasa inggris, bahasa asing (mandarin). Dibidang non akademik yaitu, kemputer. Dan meningkatkan sarana dan prasarana yang berfungsi sebagai fasilitas yang bisa membantu siswa dan siswi untuk dapat menciptakan siswa yang berprestasi baik akademik dan non akademik. (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan citra lembaga diMA Nurul Islam Karangcempaka Bluto Sumenep adalah (b) Pertama, memiliki pendidik dan tenaga pendidikan yang bertanggung jawab atas tugasnya. Kedua, memiliki media pemasaran jasa pendidikan seperti website, Instagram, dan Youtube yang mampu memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi terkait visi, misi, tujuan serta keunggulan lembaga, Untuk faktor penghambatnya yaitu dari segi keuangan, dalam memberikan layanan pendidikan yang bermutu, maka membutuhkan biaya yang cukup besar, oleh karena itu masalah dalam keuangan masih menjadi kendala
Kata Kunci: Pemasaran, Jasa Penddikan, Citra Lembaga.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan citra lembaga di MA Nurul Islam Karangcempaka Bluto Sumenep dan adanya persaingan antar lembaga pendidikan. Sehingga penelitian ini dilakukan betujuan untuk (1) Mengetahui bagaimana penerapan strategi yang digunakan MA. Nurul Islam Karangcempaka Bluto Sumenep untuk memasarkan jasa pendidikan (2) Mengetahui bagaimana startegi jasa pendidikan guna meningkatkan citra lembaga yang dilakukan oleh MA. Nurul Islam karangcempaka Bluto Sumenep (3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan citra lembaga diMA Nurul Islam Karangcempaka Bluto Sumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MA Nurul Islam Karangcempaka Bluto Sumenep. Subjek dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Bagian Humas, Bagian Kesiswaan, Guru. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksa keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan Strategi yang digunakan MA Nurul Islam Karangcempaka Bluto Sumenep adalah: (a) Menyediakan atribut pemasaran jasa pendidikan seperti brosur, banner, dan sosial media. Lembaga menggunakan suatu media baik itu media elektronik dan media cetak dengan tujuan untuk mengenalkan dan memberikan informasi lengkap terkait visi dan misi lembaga dan keunggulan lembaga. Penggunaan media sosial kami terapkan karena mengikuti perkembangan zaman sesuai dengan era saat ini. Cara yang kedua, yaitu menjalin ikatan emosional dengan para alumni dan beberapa masyarakat agar secara turun temurun bersedia menyekolahkan anak-anaknya ke lembaga MA Nurul Islam. Ikatan ini sudah terjalin sejak lama dan masih terealisai sampai saat ini. (2) Strategi Jasa Pendidikan Guna Meningkatkan Citra Lembaga yang dilakukan Oleh MA. Nurul islam adalah (b) Strategi jasa pendidikan guna meningkatkan citra lembaga meliputi pematangan atau penguatan program-program yang bersifat akademik atau non akademik misalnya dibidang akademik ada tiga bahasa yaitu, bahasa arab, bahasa inggris, bahasa asing (mandarin). Dibidang non akademik yaitu, kemputer. Dan meningkatkan sarana dan prasarana yang berfungsi sebagai fasilitas yang bisa membantu siswa dan siswi untuk dapat menciptakan siswa yang berprestasi baik akademik dan non akademik. (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan citra lembaga diMA Nurul Islam Karangcempaka Bluto Sumenep adalah (b) Pertama, memiliki pendidik dan tenaga pendidikan yang bertanggung jawab atas tugasnya. Kedua, memiliki media pemasaran jasa pendidikan seperti website, Instagram, dan Youtube yang mampu memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi terkait visi, misi, tujuan serta keunggulan lembaga, Untuk faktor penghambatnya yaitu dari segi keuangan, dalam memberikan layanan pendidikan yang bermutu, maka membutuhkan biaya yang cukup besar, oleh karena itu masalah dalam keuangan masih menjadi kendala
Tidak tersedia versi lain