Text
Strategi Project Based Learning Dalam Menumbuhkan Budaya Literasi Di Kelas IX MTs Al-Ghazali
Kata Kunci: Strategi pembelajaran, Project Based Learning, budaya literasi
Pada proses pembelajaran, guru memiliki peran penting dalam menumbuhkan budaya
literasi pada peserta didik. Maka dalam hal ini, peneliti melakukan penelitian pada pembelajaran
di kelas IX MTs Al-Ghazali untuk mengetahui penerapan literasi pada pembelajaran Bahasa
Indonesia di kelas IX MTs Al-Ghazali, Pragaan Sumenep. Adapun penelitian ini memiliki fokus
penelitian berupa 1) Bagaimana strategi project based learning dalam menumbuhkan budaya
literasi (membaca dan menulis) di kelas IX MTs. Al-Ghazali, 2) Bagaimana minat peserta didik
dalam budaya literasi (membaca dan menulis) setelah diterapkan strategi project based learning
di kelas IX MTs. Al-Ghazali, dan 3) Bagaimana kendala dalam penerapan strategi project based
learning untuk menumbuhkan budaya literasi (membaca dan menulis) di kelas IX MTs. AlGhazali.
Penelitian ini merupakan penelitian tindak kelas (PTK) dengan pendekatan gabungan
berupa kualitatif dan kuantitatif. Sumber data yang didapatkan peneliti melalui observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapakan
pembelajaran dengan metode ceramah dan diskusi. Dalam hal ini budaya literasi tidak diterapkan
secara maksimal sehingga motivasi peserta didik terhadap kemampuan membaca dan menulis
terbilang rendah. Pada pembelajaran yang dibangun oleh guru didapati bahwa guru lebih aktif dan
peserta didik pasif sehingga tidak didapati komunikasi pembelajaran yang aktif dan efektif.
Adapun pada penerapan strategi Project Based Learning peserta didik mengalami peningkatan
yang signifikan dibandingkan sebelum diterapkan strategi yang dimaksud.
Tidak tersedia versi lain