Text
Korelasi Penggunaan ICT dengan Efektivitas Proses Pembelajaran di SDI Al-Munawwarah Pamekasan
Kata Kunci : penggunaan ICT, efektivitas pembelajaran
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (ICT)
merupakan hal baru yang awalnya hanya digunakan untuk pekerjaan
tertentu saja, namun seiring berjalannya waktu kian merabah hingga
segala aspek kehidupan, salah satunya pada aspek pendidikan.
Berdasarkan hal tersebut, sehingga ada tiga pokok permasalahan yang
menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama bagaimana
penggunaan ICT dan efektivitas proses pembelajaran di SDI
AlMunawwarah Pamekasan, Kedua adakah korelasi dari penggunaan
ICT dengan efektivitas proses pembelajaran di SDI Al-Munawwarah
Pamekasan, dan Ketiga seberapa besar korelasi penggunaan ICT dengan
efektivitas proses pembelajaran
Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan
pendekatan kuantitatif yang bersifat korelasi. Populasi yang digunakan
ialah tenaga pendidik atau guru di SDI Al-Munawwarah Pamekasan.
Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Slovin
dengan jumlah responden sebanyak 44 orang. Teknik pengambilan data
menggunakan kuesioner online dalam bentuk google form. Teknik
analisis data yang digunakan untuk mengetahui validitas kuesioner
ialah dengan Rank Spearman Colleration Test, sedang untuk
mengetahui tingkat reliabilitas variabel menggunakan Cronbach’s
Alpha, yang diolah menggunakan IBM SPSS Statistics 25.
Hasil dari perhitungan pada penelitian ini menunjukkan bahwa:
Pertama pada penggunaan ICT nilai cukup baik begitu pula dengan
efektivitas proses pembelajaran yang dinilai sudah baik dalam
pengaplikasiannya di sekolah, Kedua ada korelasi yang tinggi pada
penggunaan ICT dengan efektivitas proses pembelajaran di SDI
AlMunawwarah Pamekasan, Ketiga penggunaan ICT dengan
efektivitas proses pembelajaran dinilai tinggi dengan hasil korelasi
sebesar 0,775.
Tidak tersedia versi lain