Text
“Pemanfaatan Audio Visual Film “Soekarno: Indonesia Merdeka” sebagai Media Pembelajaran Sejarah (Kelas XI MA. Nasyrul Ulum Bagandan Pamekasan Tahun Pelajaran 2021-2022)”
Kata Kunci : Pemanfaatan, Audio Visual, Pembelajaran Sejarah
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di kelas XI MA. Nasyrul
Ulum menunjukkan bahwa: 1) efektifitas pemanfaatan audio visual yang dilakukan
oleh guru yaitu dapat mempermudah penyampaian materi serta merangsang minat
siswa untuk berpartisipasi aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. 2) upaya yang
dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kemampuan mengolah informasi siswa
yaitu dengan menerapkannya pembelajaran yang menarik dan menyenangkan seperti
menggunakan media audio visual. Sehingga dapat dengan mudah bagi siswa dalam
mengolah informasi serta untuk mengingat setiap informasi pada materi pelajaran
sejarah. 3) dampak pada pemanfaatan audio visual film “Soekarno: Indonesia
Merdeka” yaitu siswa dapat mempermudah pemahaman pada materi pelajaran,
membangun suasana kelas yang menyenangkan, meminimalisir rasa bosan pada
pelajaran sejarah, serta hasil belajar siswa yang baik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Data
yang diperoleh yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data
manusia yang ada pada penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan data non
manusia adalah dokumen-dokumen sekolah seperti agenda harian, data guru, dan
struktur organisasi
Tidak tersedia versi lain