Text
Penggunaan Media Blog dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia IAIN Madura
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Weblog, Keterampilan Menulis
Penelitian ini membahas tentang penggunaan media pembelajaran yang dapat meningkatkan kreatifitas mahasiswa dalam meningkatkan keterampilan menulisnya, yakni berupa media berbentuk blog. Penelitian ini bertjuan untuk mempermudah mahasiswa dalam meningkatkan keterampilan menulisnya dengan menggunakan media pembelajaran berbentuk blog.
Ada tiga fokus penelitian yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu;
Pertama; Bagaimana pengaruh penggunaan media blog dalam meningkatkan keterampilan menulis Mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia IAIN Madura. Kedua; Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan media blog sebagai media yang digunakan dalam meningkatkan keterampilan menulis Mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia IAIN Madura. Ketiga; Apa saja manfaat dari penggunaan media blog dalam meningkatkan keterampilan menulis Mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia IAIN Madura.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data diperoleh dengan observasi, wawancara, penyebaran angket dan dokumentasi. Sumber data yaitu dosen pengampu mata kuliah keterampilan menulis dan mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia IAIN Madura angkatan 2018. Analisis data yang digunakan berupa: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu: ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, pengaruh penggunaan media blog bagi Mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia IAIN Madura dalam meningkatkan keterampilan menulis menggunakan blog dinilai lebih efektif dan efisien serta data dari hasil angket menunjukkan bahwa rata-rata mahasiswa menjawab “Setuju” bahwa penggunaan media blog dapat memotivasi mahasiswa dalam menampilkan karya-karya ke dalam sebuah website dengan dengan rata-rata presentase sebesar 57,33%. Kedua, Faktor pendukung dari penggunaan media blog diantaranya adalah: adanya ruang perpustakaan, ruang literasi, aula edukasi dan terdapat jaringan wifi yang memadai serta kemampuan menggunakan IT bagi mahasiswa. Sedangkan faktor penghambat diantaranya adalah: mahasiswa masih pemula waktu pertama kali menggunakan media blog, kurangnya penguasaan IT dan belum dapat mendesain blog dengan maksimal. Ketiga, manfaat dari adanya media blog sebagai media pembelajaran diataranya yaitu: media blog merupakan media yang praktis dan efisien, dapat menyampaikan ide pikiran dalam bentuk tulisan secara gratis, dapat menyimpan dan mempublikasikan hasil karya tulis kepada masyarakat, dapat digunakan oleh siapa pun, kapan pun dan dimana pun. menghemat biaya tanpa harus mencetak hasil tulisan.
Tidak tersedia versi lain