Text
Manajemen Program Pendidikan Terapan Bidang Teknologi Informasi dan Komuniasi (PRODISTIK) Dalam Meningkatkan Kemampuan Bidang TIK Siswa di MAN 1 Pamekasan
Kata Kunci: Manajemen Prodistik, Kemampuan Siswa, Bidang Teknologi.
Pengetahuan dan kemampuan dalam bidang teknologi informasi dan
komunikasi sangat dibutuhkan di era globalisasi saat ini, maka dari itu pendidikan
dituntut untuk dapat memberikan program yang tepat kepada siswa, salah satunya
program prodistik yang memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang
teknologi informasi dan komunikasi.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi topik
atau pembahasan dalam penelitian ini yaitu: Pertama, perencanaan prodistik
dalam meningkatkan kemampuan bidang TIK siswa di MAN 1 Pamekasan,
Kedua, pelaksanaan prodistik dalam meningkatkan kemampuan bidang TIK siswa
di MAN 1 Pamekasan, Ketiga, evaluasi prodistik dalam meningkatkan
kemampuan bidang TIK siswa di MAN 1 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis
deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Sumber informasinya kepala sekolah, ketua prodistik, instruktur
prodistik dan peserta didik di MAN 1 Pamekasan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, perencanaan
prodistik di MAN 1 pamekasan yakni dengan melakukan survei dan rapat internal,
setelah diputuskan menjadi program unggulan kemudian melakukan MOU dengan
ITS, dan menentukan jurusan yang akan terapkan, instruktur prodistik sebelum
mengajar harus sudah mengikuti TOT. Kedua, dalam pelaksanaan Prodistik tidak
diwajibkan kepada siswa karena beberapa kendala, kurikulum mengikuti dari ITS
dengan sistem kredit semester (SKS) dan metode pembelajarannya menggunakan
teori dan praktek. Kemampuan yang diperoleh siswa setelah mengikuti prodistik
yakni sesuai dengan jurusan yang ditempuh diantaranya perkantoran, desain
grafis, editing video, robotik dan programmer. Ketiga, evaluasi prodistik di MAN
1 yakni dengan evaluasi perkembangan siswa dengan pemberian tugas
persemester, dan tugas akhir. Kemudian tindak lanjut evaluasi kepada siswa yang
tidak lulus dalam pemberian tugas persemester dilakukan pendampingan dan
pemberian tugas tambahan berupa memperbaiki tugas yang sebelumnya diberikan.
Kemudian kendala ketika pelaksanaan prodistik yakni mengenai sarana prasarana,
pembiayaan dan keaktifan siswa. Jadi dalam menunjang kemampuan bidang TIK
siswa melalui program prodistik maka dalam pelaksanaannya harus ada proses
manajemen yang diterapkan diantaranya perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi
guna program yang diterapkan berjalan secara efektif dan maksimal
Tidak tersedia versi lain