Text
Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas 2 dengan Menerapkan Pembelajaran Outdoor di Lingkungan Sekolah SDN Polagan 4 Sampang
Kata Kunci : Kesulitan Belajar dan Pembelajaran Outdor.
Kesulitan belajar adalah gangguan dalam sesuatu atau lebih proses
psikologis yang mencakup pemahaman dan penggunaan bahasa ujaran dan tulisan.
gangguan ini dapat berupa kesulitan berpikir, berbicara, membaca, menulis
mengeja dan berhitung. Dalam penelitian ini terdapat 3 fokus penelitian, pertama
Faktor apa saja yang menyebabkan kesulitan belajar siswa Kelas 2 sehingga Guru
Menerapkan Pembelajaran Outdoor di Lingkungan Sekolah SDN Polagan 4
Sampang, Kedua Bagaimana Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar
Siswa Kelas 2 dengan Menerapkan Pembelajaran Outdoor di Lingkungan Sekolah
SDN Polagan 4 Sampang, Ketiga Bagaimana hasil dari Upaya Guru dalam
Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas 2 dengan Menerapkan Pembelajaran
Outdoor di Lingkungan Sekolah SDN Polagan 4 Sampang.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, sementara
jenis penelitiannya adalah deskriptif. Sumber data adalah Kepala Sekolah, guru
dan siswa, Dalam mendapatkan data peneliti menggunakan beberapa prosedur
yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian peneliti menganalisis
data dengan reduksi data, data Display (Penyajian data), Conclusion drawing/
verification. Untuk mendapatkan keabsahan data mengunakan perpanjang
keikutsertaan, ketekunan/keajegan pengamatan, triangulasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Faktor yang menyebabkan kesulitan
belajar siswa Kelas 2 sehingga Guru menerapkan Pembelajaran Outdoor di
Lingkungan Sekolah SDN Polagan 4 Sampang yaitu : a) Faktor Input siswa, yaitu
faktor yang ada dalam diri anak itu sendiri karena setiap anak memiliki kondisi
yang berbeda-beda, b) Faktor Keluarga, Orang tua yang tidak memperhatikan
pendidikan anak dapat menyebabkan anak kurang berhasil dalam belajarnya, c)
Faktor lingkungan belajar, yaitu Saat proses belajar siswa membutuhkan
lingkungan yang nyaman, tenang, jauh dari kebisingan dan tentunya harus
mendukung untuk belajar, (2) Upaya yang dilakukan Guru dalam Mengatasi
Kesulitan Belajar Siswa Kelas 2 dengan Menerapkan Pembelajaran Outdoor di
Lingkungan Sekolah SDN Polagan 4 Sampang yaitu : a) Mengajak siswa belajar
diluar kelas, b) Mengajak siswa belajar sambil bermain, (3) Hasil dari Upaya
Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas 2 dengan Menerapkan
Pembelajaran Outdoor di Lingkungan Sekolah SDN Polagan 4 Sampang yaitu
sudah berhasil karena siswa-siswi kelas 2 sekarang sudah mudah dalam
memahami materi yang diberikan oleh guru, dan sudah semakin rajin dalam
mengikuti proses pembelajaran, Adapun beberapa Pengelolaan Pembelajaran
Outdoor yang harus dilakukan oleh guru yaitu : 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan,
dan 3) Evaluasi
Tidak tersedia versi lain