Text
Strategi Membudayakan Bahasa Asing Bagi Siswa Melalui Bimbingan Belajar Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pamekasan
Kata Kunci: Membudayakan Bahasa Inggris, Siswa, Bimbingan Belajar.
Bimbingan belajar bahasa Inggris sangat penting diadakan di suatu
lembaga pendidikan, karena dengan adanya kegiatan bimbingan belajar ini dapat
membantu siswa untuk mengatasi permasalahan yang sering terjadi dalam
pembelajaran bahasa inggris. Oleh karena itu, di Madrasah Aliyah Negeri 1
Pamekasan ini mengadakan bimbingan belajar bahasa Inggris untuk
meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa dalam berbahasa.Adanya
bimbingan belajar bahasa Inggris agar siswa dapat membudayakan berbahasa
Inggris sehingga nantinya dapat menghadapi persaingan global. Dengan adanya
bimbingan belajar bahasa Inggris di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pamekasan ini
tentunya akan memberikan hasil yang positif berupa prestasi yang nantinya juga
akan menjadikan lembaga Madrasah Aliyah Negeri 1 Pamekasan menjadi lebih
unggul prestasi.
Berdasarkan hal tersebut, ada tiga pokok permasalahan yang akan menjadi
kajian dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana strategi membudayakan
bahasa Inggris melalui bimbingan belajar di MAN 1 Pamekasan. Kedua, apa saja
kendala dalam penerapan strategi membudayakan berbahasa Inggris melalui
bimbingan belajar di MAN 1 Pamekasan. Ketiga, apa saja solusi dalam mengatasi
kendala penerapan strategi membudayakan bahasa Inggris melalui bimbingan
belajar di MAN 1 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
deskriptif.Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Informannya adalah kepala sekolah MAN 1 Pamekasan, WAKA kurikulum,
WAKA kesiswaan, guru bahasa Inggris dan siswa.Sedangkan pengecekan
keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan
pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, strategi membudayakan
bahasa Inggris bagi siswa melalui bimbingan belajar menggunakan empat
keterampilan berberbahasa. Keterampilan berbahasa disini diantaranya:
keterampilan mendengarkan (listening skill), keterampilan berbicara (speaking
skill), keterampilan membaca (reading skill) dan keterampilan menulis (writing
skill). Dimana dalam empat keterampilan tersebut terdapat strategi yang berbedabeda agar dapat menarik minat siswa dalam belajar bahasa Inggris. Kedua,
kendala yang sering dihadapi dalam penerapan strategi yaitu siswa sering
menganggap bahwa pembelajaran bahasa Inggris sangat sulit dipahami, kendala
selanjutnya yaitu adanya pandemi COVID 19 yang sangat menghambat
pelaksanaan bimbingan belajar khususnya bahasa Inggris. Ketiga, solusi dalam
menghadapi kendala yang terjadi yaitu memotivasi siswa dan solusi yang kedua
yaitu adanya pandemi COVID dapat diatasi dengan adanya pembelajaran online
atau daring
Tidak tersedia versi lain