Text
Pemanfaatan Sumber Dana Sekolah untuk Mengoptimalkan Kualitas Sarana dan Prasarana Kelas di MAN 1 Pamekasan
Kata Kunci: Perencanaan Sumber Dana Sekolah, Pengelolaan Sumber Dana Sekolah
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan sumber
dana sekolah dan bagaimana pengelolaannya. Pada dasarnya sumber dana sekolah perlu
dimanfaatkan sebaik mungkin agar semua kebutuhan yang diperlukan oleh pihak sekolah dapat
terpenuhi. Dalam pengelolaan dana yang dihasilkan harus mengacu pada perencanaan yang telah
ditetapkan. Hal itu agar hasilnya efektif dan perencanaan yang telah ditetapkan berjalan dengan
baik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data
yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah, Kepala
MAN 1 Pamekasan, KAUR TU MAN 1 Pamekasan, waka sarana prasarana, dan guru. Sedangkan
pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan
pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama proses perencanaan sumber dana sekolah
di MAN 1 Pamekasan dilakukan dengan mengadakan rapat yang dihadiri oleh para stakeholder
madrasah. Dalam rapat tersebut para stakeholder diminta untuk mengajukan apa saja program yang
akan dilaksanakan, apa saja kebutuhan yang diperlukan dan menentukan jumlah biayanya. Kedua
proses pengelolaan sumber dana sekolah di MAN 1 Pamekasan menggunakan sistem terbuka agar
memudahkan para stakeholder untuk mengetahui penggunaan dana yang dimiliki. Dengan begitu
maka akan timbul rasa saling percaya kepada pihak madrasah. Selain itu pengelolaan hasil sumber
dana di MAN 1 Pamekasan menyesuaikan dengan perencanaan yang telah ditetapkan. Karena
apabila dana yang diperoleh pengelolaannya tidak teratur maka hasilnya tidak akan efektif
Tidak tersedia versi lain