Text
elaksanaan Supervisi Klinis untuk Meningkatkan Kinerja Guru dalam Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di MA Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan
Kata Kunci: Supervisi Klinis; Kinerja Guru.
Latar belakang penelitian ini berawal dari ketertarikan dari peneliti untuk
mengetahui pelaksanaan supervisi klinis untuk meningkatkan kinerja guru dalam
bidang studi pendidikan agama islam di MA Miftahul Qulub Polagan. Dalam
penelitian ini terdapat dua fokus, yaitu a) bagaimana pelaksanaan supervise klinis
untuk meningkatkan kinerja guru dalam bidang studi pendidikan agama islam b)
apa saja faktor pendukung dan penghambat pada saat pelaksanaan supervisi klinis.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan
menggunakan pendekatan deskriptif, sumber data yang diperoleh oleh peneliti
berupa hasil wawancara kepada pihak yang bersangkutan di MA Miftahul Qulub
Polagan, observasi dan dokumentasi dengan narasumber kepala madrasah dan
guru yang disupervisi. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data melalui
triangulasi dengan menggunakan dua macam triangulasi yaitu triangulasi sumber
data dan triangulasi metode
Hasil penelitian menunjukkan bahwa a) supervisi klinis adalah suatu
bimbingan yang bertujuan untuk meningkatkan profesional guru secara sengaja
yang dimulai dari pertemuan awal, observasi kelas dan pertemuan akhir yang
dianalisis secara cermat, teliti dan obyektif untuk mendapatkan perubahan
perilaku mengajar yang diharapkan. Pada pertemuan awal kepala madrasah
menciptakan hubungan yang baik serta menjelaskan definisi dari supervisi klinis
tersebut. Pada tahap observasi kepala madrasah mulai melakukan pengamatan
pada apa yang dilakukan guru yang sesuai dengan instrumen observasi. Pada
pertemuan balikan kepala madrasah melakukan dengan segera setelah melakukan
pengamatan pembelajaran, dengan terlebih dahulu dilakukan analisis terhadap
hasil pengamatan, b) faktor pendukung pada saat pelaksanaan supervisi klinis
yaitu adanya dukungan yang tinggi dari pihak pengelola sekolah dan apresiasi dari
pendidik lainnya. Juga faktor penghambat yaitu kurang tepatnya waktu dalam
melaksanakan penilaian formatif, dan melalakukan supervisi klinis karan
terbenturnya dengan agenda ekstra diluar sekolah. Dalam supervisi klinis ini
diharapkan guru bidang studi pendidikan agama islam setelah pelaksanaan
supervisi klinis ini adalah meningkatnya kemampuan kompetensi kinerja guru
dalam pembelajarannya sehingga dapat meningkatkan kinerja dalam mengajar
Tidak tersedia versi lain