Text
Peningkatan Menghafal Al-qur'an juz 30 Menggunakan Metode Wahdah dan Metode Pembiasaan di SDI Mambaul Ulum Camplong Sampang
Kata kunci: peningkatan,menghafal, metode wahdah, metode pembiasaan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rumusan masalah yang telah di tentukan
yaitu pertama, apakah ada peningkatan menghafal al-qur'an juz 30 dengan menggunakan
metode wahdah dan metode wahdah dan metode pembiasaan di SDI Mambau Ulum
Camplong Sampang. Kedua bagaimana efektifitas penerapan menghafal al-Qur'an juz 30
menggunakan metode wahdah dan metode pembiasaan di SDI Mambaul Ulum Camplong
Sampang.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas atau biasa disebut
dengan PTK . pada penelitian ini subjek yang di gunakan yaitu siswa kelas III SDI Mambau
Ulum Camplong Sampang yang terdiri dari 3 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki,
adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, wawancara, dukomentasi dan
observasi.
Hasil penelitian ini menggambarkan: pertama ada peningkatan kemampuan
menghafalal-qur'an juz 30 menggunakan metode wahdah dan metode pembiasaan di SDI
Mambaul Ulum Camplong Sampang. Hal ini di buktikan, sebelum diadakan penelitian
tindaka, nilai rata-rata kelas, kemampuan siswa menghafal 38,46%, dan presentase kelulusan
siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mencapai 15,38%. Selanjutnya
pada siklus I, setelah diadakan tindakan menggunakan metode wahdah dan metode
pembiasaan, nilai rata-rata kelas kemampuan menghafal siswa mencapai 63 dan presentase
kelulusan siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal ( KKM) mencapai 46,15%, dan
pada siklus II, setelah di perbaiki permasalahan yang ada di siklus I, nilai rata-rata kelas
kemampuan menghafal siswa meningkat mencapai 84, dan presentase kelulusan siswa yang
mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) 92,3%. Kedua penerapan metode wahdah dan
metode pembiasaan di SDI Mambaul Ulum Camplong Sampang dikatakan efektif karena
sebelum diadakan tindakan dengan menggunakan metode wahdah dan metode pembiasaan
dalam menghafal al-qur'an juz 30, kemampuan menghafal siswa kelas III masih sangat
rendah, dan setelah diterapkan metode wahdah dan metode pembiasaan, kemampuan
menghafal siswa kelas III menjadi baik bahkan memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal.
Selain itu ada antusiasme siswa siswi kelas III yang sangat tinggi dalam mengikuti pelajaran
ini
Tidak tersedia versi lain