Text
Implementasi Pendidikan Soft Skill di Madrasah Aliyah Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan
Kata Kunci: Implementasi, Interpersonal Soft Skill, Intrapersonal Soft Skill
Pengelola pendidikan utamanya dalam menerapkan pendidikan yang dapat
mengembangkan kemampuan peserta didik baik dalam minat dan bakat serta kemampuan
keterampilan soft skill lainnya melakukan kegiatan kerja sama dengan rekan kerja madrasah
untuk mencapai tujuan pendidikan yang sesuai dengan Visi dan Misi Madrasah. Berdasarkan
anggapan tersebut maka terdapat 2 pokok permasalahan yang akan menjadi kajian utama
dalam penelitian ini, yaitu: pertama bagaimana implementasi pendidikan soft skill di
Madrasah Aliyah Miftahul Qulub Polagan; kedua, apa faktor pendukung dan penghambat
dalam mengimplementasikan pendidikan soft skill di Madrasah Aliyah Miftahul Qulub
Polagan Galis Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.
Sumber data diperoleh dengan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengan
menjadikan kepala madrasah, waka kurikulum, dan guru sebagai informan dalam
memperoleh data. Analisis data dalam penelitian ini kondensasi data (condensation data),
penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusing drawing). Adapun
tahap-tahap dalam penelitian ini adalah pralapangan, penelitian dan pelaporan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, penerapan soft skill di madrasah
aliyah miftahul qulub dilaksanakan dengan menggunakan dua kategori soft skill yaitu
intrapersonal soft skill dan interpersonal soft skill . Kedua kategori keterampilan tersebut
digunakan kepala madrasah untuk menciptakan kegiatan belajar yang satu tujuan dengan
dengan visi dan misi madrasah. Kedua, faktor pendukung penerapan pendidikan soft skill
adalah dengan adanya komunikasi dan kerja sama yang baik antar seluruh karyawan
madrasah sehingga dapat mencapai tujuan pendidikan yang kreatif sesuai minat dan bakat
peserta didik
Tidak tersedia versi lain