Text
Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI di MA Mambaul Ulum 2 Ponjanan Timur Pamekasan
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Blended Learning, Prestasi Belajar.
Penelitian in dilatarbelakangi oleh adanya ketertarikan peneliti tentang
model pembelajaran blended learning. Model blended learning merupakan
gabungan model pembelajaran tatap muka dan pembelajaran virtual. Pada tahun
2020 model pembelajaran ini sudah diterapkan di MA Mambaul Ulum 2. Alasan
peneliti mengambil model pembelajaran blended learning yaitu 1. Adakah
pengaruh model blended learning terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa
kelas XI di MA Mambaul Ulum 2 Ponjanan Timur Pamekasan. 2. Seberapa
signifikan pengaruh model blended learning terhadap prestasi belajar Bahasa
Indonesia siswa kelas XI di MA Mambaul Ulum 2 Ponjanan Timur Pamekasan.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan quasi
eksperimental designs. Desain yang digunakan yaitu nonequivalent Group Design.
Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MA Mambaul Ulum 2 pada mata
pelajaran Bahasa Indonesia. Sampel yang digunakan berjumlah 40 siswa. Jenis
instrument yang digunakan yaitu pre-test, post-test, dan dokumentasi. Validasi dan
reliabilitas instrumen menggunakan bantuan program komputer IBM SPSS 25.
Penelitian menggunakan dua model pembelajaran yaitu model blended learning
pada kelompok eksperimen dan model face to face learning pada kelompok kontrol.
Pada penelitian ini diperoleh bahwa hasil rata-rata nilai kelompok
eksperimen yang meningkat, nilai pretest sebesar 49,25 dan nilai posttest 73,25.
Hasil perhitungan statistik menggunakan software IBM SPSS 25 pada uji corelasi
pearson diperoleh nilai sebesar 0, 893 berdasarkan pedoman derajat hubungan dari
hasil perhitungan statistik tersebut termasuk memiliki korelasi sempurna, sehingga
dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Blended learning terhadap
prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas XI di MA Mambaul Ulum 2. Hasil
uji paired sample t-test diperoleh hasil sebesar 0,000. Sehingga H0 ditolak dan H1
diterima jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada
prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas XI di MA Mambaul Ulum 2
menggunakan model Blended Learning.
Tidak tersedia versi lain