Text
Implementasi Teknik Skimming dalam Pembelajaran Membaca Teks Prosedur Siswa Kelas IX di MTS AL – ULA 1 Blumbungan, Pamekasan
Kata kunci: Teknik Skimming, Membaca Teks Prosedur
Skimming merupakan suatu tindakan untuk mengambil inti sari atau sari pati dari suatu
bacaan, jadi skimming disini merupakan proses membaca yang hanya untuk mendapatkan sebuah
ide pokok, yang mana ide pokok tidak selalu di awal kalimat melainkan ada di tengah ataupun di
akhir kalimat, teknik skimming juga merupakan teknik yang paling tepat di gunakan dalam tahap
membaca untuk memahami bacaan dengan baik dan benar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa proses belajar dan pembelajaran
dalam menggunakan teknik skimming pada bacaan teks prosedur pada kelas IX di Mts Al Ula 1
dengan menentukan tiga permasalahan sebagai kajian utama, yaitu: 1) mendeskripsikan
perencanaan guru dalam implementasi teknik skimming dalam pembelajaran membaca teks
prosedur siswa kelas IX Mts Al Ula 1. 2) mendeskripsikan proses teknik skimming dalam
pembelajaran membaca teks prosedur siswa kelas IX Mts Al Ula 1. 3) mendeskripsikan hasil
evaluasi implementasi teknik skimming dalam membaca teks prosedur siswa kelas IX Mts Al Ula
1
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.
Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah
yang menurut peneliti dianggap menguasai bidang yang diteliti oleh peneliti. Seperti guru bahasa
Indonesia, dan siswa kelas IX Mts Al Ula 1 Sumber Batu, Blumbungan Pamekasan. Teknik
analisis data dalam penelitian ini adalah mencatat, mengumpulkan dan mendeskripsikan, serta
dicek keabsahan datanya dengan dilakukan perpanjangan keikut sertaan dan triangulasi,
sedangkan tahapan-tahapan yang dilakukan oleh peneliti dalam menganalisis data adalah reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan: pertama, perencanaan guru dalam implementasi teknik
skimming membaca teks prosedur siswa kelas IX Mts Al Ula 1 yaitu dengan mempersiapkan
RPP. Kedua,proses implementasi teknik skimming membaca teks prosedur siswa kelas IX yaitu
dengan cara guru menjelaskandari tahap mengamati, menanya, mengumpulkan informasi,
mengolah informasi, dan mengkomunikasikan, yang mana dalam tahap ini guru memberikan
penjelasan penuh suapaya peserta didik dapat memahami kegunaan teknik skimming sebagai
mana mestinya.Ketiga,hasil evaluasi implementasi teknik skimming dalam membaca teks
prosedur siswa kelas IX yaitu guru memberikan soal atau pelatihan kepada peserta didik untuk
mengetahui sejauh mana pemahaman mereka terhadap penjelasan yang sudah guru jelaskan
mengenai teknik skimming dalam membaca teks prosedur meskipun soal yang diberikan
terjawab hanya dengan 75%, karena dengan mengetahui hasil guru bisa merasakan sampai mana
keberhasilannya dalam mengarahkan penjelasan terhadap peserta didik tersebut.
Tidak tersedia versi lain