Text
Analisis Penerapan Strategi Pembelajaran Peer Lesson Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPS Di MI Hidayatul Mubtadi’in Bangsah Sreseh Sampang
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Peer Lesson, Aktivitas Belajar, Pelajaran
IPS
Strategi pembelajaran peer lesson merupakan salah satu jenis metode active
learning (Giat Belajar). Strategi ini peserta didik dibagi menjadi beberapa
kelompok. Proses strategi pembelajaran akan berhasil manakala seorang siswa
aktif dalam menjalankan aktivitas belajarnya. Aktivitas belajar dapat diartikan
juga sebagai proses, cara, atau kegiatan belajar. Pelajaran IPS mengajarkan
konsep-konsep esensi ilmu sosial untuk membentuk subjek didik menjadi warga
negara yang baik dan juga diharapkan siswa dapat lebih aktif dalam menanggapi
masalah yang diberikan oleh guru sesuai dengan pengetahuannya. Peer lesson
menjadikan guru sebagai fasilitator di dalam kelas, dalam hal ini guru mampu
memberikan fasilitasi dalam proses pembelajaran yang menjadikan guru sebagai
pendamping siswa dalam proses pembelajaran, artinya guru adalah mampu
membantu siswa menciptakan rasa nyaman dalam proses pengajaran.
Berdasarkan penjelasan tersebut, terdapat dua fokus dalam penelitian yang
menjadi pokok pembahasan. Pertama bagaimana analisis penerapan strategi
pembelajaran peer lesson untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V
pada mata pelajaran IPS di MI Hidayatul Mubtadi’in Bangsah Sreseh Sampang,
dan Kedua, apa saja kelebihan dan kekurangan strategi pembelajaran peer lesson
untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS di MI
Hidayatul Mubtadi’in Bangsah Sreseh Sampang.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber data yang diperoleh
melalui observasi non partisipan, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi.
Adapun informasi yang diperoleh dari kepala sekolah MI Hidayatul Mubtadi’in
Bangsah Sreseh Sampang, Guru kelas V, dan siswa-siswi kelas V. Peneliti
mengecek keabsahan data melalui ketekunan pengamatan dan triangulasi sumber
dan tekhnik
Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan sebagai Pertama,
penerapan strategi pembelajaran peer lesson pada mata pelajaran IPS dibentuk
secara kelompok agar dapat meningkatkan sebuah rasa tanggung jawab sehingga
siswa dapat belajar secara aktif dan mandiri. Kedua, penerapan strategi peer
lesson memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya yaitu mempunyai rasa
setia kawan yang tinggi, semangat untuk belajar, menjadikan siswa sebelumnya
kurang aktif dikelas menjadi aktif tanpa ada faktor dorongan dari guru sehingga
dapat menghasilkan umpan balik yang positif. Sedangkan kekurangannya tidak
semua siswa dapat menyampaikan materi dengan jelas, tidak semua siswa mampu
menjawab semua pertanyaan dari temannya dan terkadang ada siswa yang
menyepelekan karena yang mengajar adalah temannya sendiri
Tidak tersedia versi lain