Text
Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Cerpen Siswa Kelas XI SMA Sabilillah Sampang
Kata Kunci : Model Pembelajaran CIRC, Kemampuan Membaca Pemahaman,
Cerpen.
Belajar dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat merupakan
salah satu cara efektif yang dilakukan oleh guru untuk mengasah kemampuan
yang dimiliki oleh siswa. Membaca merupakan salah satu aspek dari empat
keterampilan berbahasa yaitu menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Pada
kegiatan membaca, kemampuan membaca pemahaman adalah hal yang sangat
penting untuk diperhatikan. Setiap hari siswa dihadapkan dengan kegiatan
membaca dan melakukan kegiatan membaca pemahaman. Akan tetapi, fakta di
lapangan menyatakan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa Kelas XI
SMA Sabilillah Sampang masih belum sesuai dengan yang diharapkan.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini yaitu: pertama adakah pengaruh penggunaan model
pembelajaran CIRC terhadap kemampuan membaca pemahaman teks cerpen
siswa Kelas XI SMA Sabilillah Sampang; kedua seberapa besar pengaruh
penggunaan model pembelajaran CIRC terhadap kemampuan membaca
pemahaman teks cerpen siswa Kelas XI SMA Sabilillah Sampang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan dengan jenis
penelitian Quasy experimental design. Instrumen data diperoleh melalui instrumen
tes dan dokumentsi. Instrumen tes diperoleh dari hasil pre-test dan hasil post-test
kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Instrumen dokumentasi diperoleh dari
foto-foto kegiatan saat penelitian berlangsung sebagai bukti penelitian. Sedangkan
analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji-t menggunakan independen
samples test.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test lebih tinggi di
kelas kontrol dari pada kelas eksperimen yatu dengan nilai rata-rata kelas kontrol
52, 08 dan kelas eksperimen 51,88. Sedangkan untuk nilai rata-rata post-test lebih
tinggi di kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol yatu nilai rata-rata
kelas eksperimen 79,38 dan rata-rata kelas kontrol 74,17.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama melihat hasil analisis data
dengan uji-t bahwa hasil uji-t diperoleh nilai Sig (2-tailed) < 0,05 yaitu nilai Sig
(2-tailed) 0,026 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini juga dapat
dibuktikan dengan hasil Thitung > Ttabel yaitu pada taraf Signifikansi 0,05 diperoleh
Thitung sebesar 2,293 dan Ttabel sebesar 2,013 pada taraf signifikansi 0,05 dengan df.
46. Dengan demikian terlihat jelas bahwa Thitung > Ttabel yaitu 2,293 > 2,013 maka
H0 ditolak dan H1 diterima, Kedua besar pengaruh penggunaan model
pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap
kemampuan membaca pemahaman teks cerpen siswa kelas XI SMA Sabilillah
Sampang adalah sedang. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan besar pengaruh
(effect size)yang dikonsultasi dengan kriteria interpretasi Cohen’d yang
menyatakan bahwa d= 0,66 termasuk kategori sedang.
Tidak tersedia versi lain