Text
Penerapan Strategi Pemasaran Distinctive Competence dalam Penerimaan Siswa Baru di SMK Al-Mujtama’ Pamekasan,
Kata kunci: Strategi Pemasaran, Distinctive Competence,Penerimaan Siswa Baru
Promosi sekolah merupakan alat pemasaran jasa pendidikan yang dapat
berfungsi untuk memasarkan dunia pendidikan. Pengaruh globalisasi pendidikan
memberikan dampak serius pada persaingan dunia pendidikan untuk mampu
memproduksi kualitas sumber daya manusia yang handal dan kompetitif. Strategi
pemasaran yang ada di sekolah dapat dilihat dari berbagai uapaya kreatif dan
inovatif dari para penyelenggara pendidikan untuk menggali keunikan dan
keunggulan dari sekolah. SMK Al-Mujtama’ menggunakan startegi pemasaran
distinctive competence guna untuk menarik peserta didik.
Berdasarkan hal tersebut, maka fokus penelitian ini yang pertama yaitu
Bagaimana perencanaan strategi pemasaran distinctive competence dalam
penerimaan siswa baru di SMK Al-Mujtama’ Pamekasan, Kedua bagaimana
pelaksanaan startegi pemasaran distinctive competence dalam penerimaan siswa
baru di SMK Al-Mujtama’ Pamekasan, Ketiga bagaimana dampak dari strategi
pemasaran distinctive competence dalam penerimaan siswa baru di SMK AlMujtama’ Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Informannya adalah kepala sekolah, panitia penerimaan siswa baru, guru, siswa
dan masyarakat. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan
perpanjangan keikutansertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, perencanaan strategi
pemasaran distinctive competence dalam penerimaan siswa baru di SMK AlMujtama’ Pamekasan, berpedoman pada keunggulan sekolah dan prestasi nilai
yang di dapat dari ujian test masuk, yang mana keunggulan di SMK Al-Mujtama’
Pamekasan siswa mampu membuat gaun, siswa mampu menjalankan mesin bordir
digital dan siswa mampu mengaplikasikan absensi elektronik sesuai dengan kartu
identitas siswa. Pihak lembaga sekolah menyediakan fasilitas untuk siswa
mengembangkan kemampuannya sehingga membuat siswa lebih kreatif dan
inovatif. Kedua, pelaksanaan startegi pemasaran distinctive competence dalam
penerimaan siswa baru di SMK Al-Mujtama’ Pamekasan, kegiatan promosi
penerimaan siswa baru di SMK Al-Mujtama’ membagun kerjasama dengan
melibatkan stakeholder madrasah, alumni dan sekolah lain untuk mempromosikan
dan membantu publikasi pada saat menjelang PPDB kepada masyarakat melalui
media sosial seperti website, whatsapp, facebook dan instragram. Ketiga, dampak
dari strategi pemasaran distinctive competence dalam penerimaan siswa baru di
Tidak tersedia versi lain