Text
Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Melalui Media Pembelajaran Domino pada Siswa Kelas III SDN Panaguan I Desa Panaguan Kec. Proppo Kab. Pamekasan
Kata Kunci : Kemampuan berhitung, Pelajaran Matematika, Media Pembelajaran
Domino.
Matematika merupakan ilmu dasar penting bagi kehidupan manusia. Maka
dari itu kemampuan berhitung perlu dikuasi sejak dini. Pada masa sekarang banyak
siswa yang menganggap matematika itu sulit sehingga kemampuan berhitung siswa
rendah. Umumya siswa menyukai pelaksanaan pembelajaran yang menarik. Media
yang cocok digunakan pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan
pengurangan adalah domino. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan
penelitian tentang meningkatkan kemampuan berhitung matematika materi
penjumlahan dan pengurangan melalui media pembelajaran domino pada siswa
kelas III SDN Panaguan 1 Desa Panaguan Kec. Proppo Kab. Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas) untuk
mengetahui peningkatan kemampuan berhitung matematika siswa kelas III SDN
Panaguan 1. Peneliti menggunakan PTK model Kurt Lewin yang terdiri dari tahap
Perencanaan, Tindakan, Pengamatan, dan Refleksi pada setiap siklusnya. Instrumen
pengumpulan data dari penelitian ini yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Dengan
indikator keberhasilan ketuntasan belajar siswa harus mencapai 100% artinya
semua siswa memperoleh nilai hasil belajar ≥ 65 setelah melakukan KBM.
Hasil dari penelitian ini yaitu nilai hasil tes siswa yang tuntas pada siklus 1
yaitu 19 orang siswa dengan nilai rata-rata 60,94 dan presentase ketuntasan belajar
59,37%. Mengalami peningkatan pada siklus 2 yaitu jumlah siswa yang tuntas
sebanyak 25 orang orang dengan nilai rata-rata 74,37 dan presentase ketuntasan
belajar 78,12%. Karena pada siklus 2 belum mencapai ketuntasan belajar maka
penelitian dilanjutkan pada siklus 3. Pada siklus 3 mengalami peningkatan dari
siklus 2 yaitu jumlah siswa yang tuntas sebanyak 32 orang siswa dengan nilai ratarata 88,75 dan presentase ketuntasan belajar adalah 100%. Siklus 3 ini ketuntasan
belajar telah mencapai target keberhasilan dari penelitian ini yaitu 100% sehingga
penelitian dilakukan dengan 3 siklus. Dari peningkatan hasil nilai tes siswa dari
siklus 1 sampai siklus 3 dapat dinyatakan bahwa pelaksaan pembelajaran dengan
menggunakan media domino dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa
pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan. Dalam
penerapannya media pembelajaran domino memiliki kelebihan dan kekurangan
salah satu kelebihannya adalah meningkatkan kemampuan berhitung, dapat
berinteraksi sosial serta cocok untuk mata pelajaran lain. Dan kekurangannya
adalah tidak cocok pada perhitungan yang perlu pemikiran keras, siswa kurang
fokus, perlu pengawasan dan perlu waktu lama.
Tidak tersedia versi lain