Text
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Vi Di Sdn Somalang Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci : Kooperatif Learning,Ilmu Pengetahuan Alam (IPA),SDN
Somalang.
Sains atau ilmu pengetahuan alam (IPA) merupakan salah satu mata
pelajaran pokok dalam kurikulum pendidikan di Indonesia, termasuk pada jenjang
Pendidikan Dasar (SD/MI). Berdasarkan pengamatan sebagian siswa beranggapan
bahwa IPA merupakan pelajaran yang kurang diminati karna dinilai
membosankan dalam pembelajarannya termasuk oleh siswa SDN Somalang
Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan. Dengan demikian guru memerlukan
adanya inovasi- inovasi baru dalam pembelajaran untuk meningkatkan minat
siswa khususnya pada mata pelajaran IPA Tersebut. Inovasi yang dapat guru
lakukan adalah merencanakan model pembelajaran yang baik. Salah satu model
pembelajaran yang dapat digunakan yaitu model pembelajaran cooperative
learning. Dalam model pembelajaran cooperative learning siswa dapat aktif pada
proses pembelajaran sehingga dapat meingkatkan motivasi belajar siswa. Oleh
karena itu peneliti berkeinginan untuk melakukan penelitian lebih lanjut tentang
penerapan model pembelajaran Cooperatif Learning dengan judul penelitian
“Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning pada mata pelajaran IPA
Kelas VI di SDN Somalang Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan”.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data
penulis menggunakan sumber data primer. Adapun metode pengumpulan datanya
menggunakan observasi dan wawancara. Sedangkan tekhnik analisis datanya
diperoleh dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Selanjutnya
untuk pengecekan keabsahan datanya dilakukan melalui teknik trianggulasi
peningkatan ketekunan pengamat. Adapun tahapan penelitian yang digunakan ada
3 tahapan : a.) tahap pra lapangan b.) tahap kegiatan lapangan c.) tahap pelaporan.
Hasil penelitian yang didapatkan tentang Penerapan Model Pembelajaran
Cooperative Learning pada mata pelajaran IPA Kelas VI di SDN Somalang
Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan adalah 1) Penerapan model
pembelajaran kooperatif learning dilakukan oleh guru dengan beberapa tahapan,
mulai dari pemberian pengetahuan dasar tentang model pembelajaran,
penyampaian materi pembelajaran, sesi tanya jawab, pembentukan kelompok,
pemberian tugas kelompok, presentasi, dan terkahir pemberian reward pada
kelompok terbaik. 2) Faktor penduduk dari penerapan model pembelajara
kooperatif learning pada mata pelajaran IPA Kelas IV di SDN Somalang yaitu,
Kompetensi guru, Lingkungan sekolah, Sarana dan Prasarana, dan Kebisasaan
siswa (Game)/Pemberian reward. 3) Faktor penghambat dari penerapan model
pembelajara kooperatif learning pada mata pelajaran IPA Kelas IV di SDN
Somalang yaitu,Siswa kurang mampu dalam mempresentasikan hasil kerja,
Beground siswa, dan Perbedaan karakter dan kemampuan siswa
Tidak tersedia versi lain