Text
Penggunaan Media Poster Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas IV SDN Teja Barat III Pamekasan
Kata Kunci: Penggunaan media poster, media belajar.
Media poster merupakan media pengantar dalam mencapai tujuan
pembelajaran. Media poster digunakan sebagai alat dalam menciptakan
pembelajaran yang aktif dan efektif, karena dengan adanya media pembelajaran
ini akan lebih mudah bagi seorang guru dalam memberikan motivasi terhadap
peserta didiknya agar menyukai materi pembelajaran khsusnya pada materi
Pendidikan Agama Islam kelas IV di SDN Teja Barat III Pamekasan.
Kemudian dalam penelitian ini terdapat tiga fokus penelitian, yaitu:
Pertama, Bagaimana langkah dalam membuat media poster pada pembelajaran
Pendidikan Agama Islam?. Kedua, Bagaimana Jenis-jenis Media Poster Pada
Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN Teja Barat III Pamekasan?. Ketiga,
Bagaimana Penggunaan Media Poster Pada Pembelajaran Agama Islam Di SDN
Teja Barat III Pamekasan?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskripstif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara tak terstruktur,
observasi partisipasi, dan dokumentasi, dan yang menjadi informan adalah kepala
sekolah, guru Pendidikan Agama Islam dan operator sekolah dan siswa SDN Teja
Barat III Pamekasan.
Hasil dari penelitian terdapat tiga fokus: Pertama, langkah pembuatan
media poster pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam hanya membuat
meliputi poster huruf dan gambar. Yang mana untuk pembuatannya sendiri
dilakukan dengan menggunakan 1) kertas karton, 2) stiker/poster huruf dan angka,
3) lem. dalam pembuatan sendiri guru menempel stiker/poster tersebut ke kertas
karton dengan menggunakan lem perekat. Kedua, jenis-jenis media poster di
pembelajaran pendidikan Agama Islam Kelas IV yaitu menggunakan poster huruf
dan poster gambar. Ketiga, penggunaan media poster sendiri yaitu terbagi menjadi
tiga bentuk praktik pengguaannya. Yaitu, 1) guru memperlihatkan poster gambar
kepada siswa, lalu meminta mereka atau menunjuk salah satu siswa untuk
memahami dan menjelaskan maksudnya. 2) Guru memperlihatkan poster gambar,
dan menjelaskannya sendiri. 3) Guru memperlihatkan poster gambar, lalu
kemudian meminta siswanya untuk maju dan mempraktikkannya
Tidak tersedia versi lain