Text
Peran Kepala Sekolah Menanamkan Kedisiplinan Siswa Melalui Pembiasaan Berkebun Tanaman Herbal di SMP Islam Terpadu Al-Imron Sumenep
Kata Kunci: Peran Kepala Sekolah, Kedisiplinan.
Kepala sekolah merupakan persamaan dari school principal yang memiliki tugas untuk menjalankan principalship atau ke-kepala sekolahan. displin adalah perintah yang diberikan oleh orangtua kepada anak atau guru kepada murid. Perintah tersebut diberikan kepada anak atau murid agar ia melakukan apa yang diinginkan oleh orangtua dan guru
Berdasarkan penjelasan diatas muncul beberapa fokus penelitian sebagai berikut: pertama, Bagaimana peran Kepala sekolah dalam menanamkan kedisiplinan siswa di SMP islam terpadu Al-Imron Sumenep. Kedua, Bagaimana upaya yang dilakukan oleh Kepala sekolah menanamkan kedisiplinan melalui kebiasaan berkebun tanaman herbal di SMP Islam terpadu Al-Imron Sumenep. Ketiga, Bagaimana hasil dari upaya Kepala sekolah dalam menanamkan kedisiplinan melalui kebiasaan berkebun tanaman herbal di SMP Islam Terpadu Al-Imron Sumenep.
Dalam penelitian ini pendekatan yang dilakukan oleh peneliti yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan yang menjadi sumber data yaitu kepala Sekolah, guru dan siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, strategi kepala sekolah dalam menanamkan kedisiplinan siswa di SMP Islam Terpadu Al-Imron Sumenep yaitu dilakukan dengan cara mengatur, membina dan mengawasi jalannya proses pendidikan di sekolah. Kepala sekolah juga bertugas memberikan motivasi dan teladan kepada bawahannya karena ia menjadi role model bagi guru dan siswa yang ada di sekolah. Kedua, Bagaimana upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah menanamkan kedisiplinan melalui kebiasaan berkebun tanaman herbal di SMP Islam terpadu Al-Imron Sumenep. Kepala sekolah menanamkan kedisiplinan kepada siswa tentunya saya harus memberikan contoh terlebih dahulu, akan tetapi masih ada sebagian siswa yang terlambat datang ke sekolah dengan berbagai alasan, seperti membantu orang tua menyiram tanaman di rumahnya.
Ketiga, Bagaimana hasil dari upaya Kepala sekolah dalam menanamkan kedisiplinan melalui kebiasaan berkebun tanaman herbal di SMP Islam Terpadu Al-Imron Sumenep. Yaitu dengan cara belajar membudidayakan tanaman herbal dan berminat menanam tanaman herbal di sekitar rumah sebagai obat-obatan tradisional yang tidak menyebabkan efek samping karena masih bisa dicerna oleh tubuh.
.
Kata Kunci: Peran Kepala Sekolah, Kedisiplinan.
Kepala sekolah merupakan persamaan dari school principal yang memiliki tugas untuk menjalankan principalship atau ke-kepala sekolahan. displin adalah perintah yang diberikan oleh orangtua kepada anak atau guru kepada murid. Perintah tersebut diberikan kepada anak atau murid agar ia melakukan apa yang diinginkan oleh orangtua dan guru
Berdasarkan penjelasan diatas muncul beberapa fokus penelitian sebagai berikut: pertama, Bagaimana peran Kepala sekolah dalam menanamkan kedisiplinan siswa di SMP islam terpadu Al-Imron Sumenep. Kedua, Bagaimana upaya yang dilakukan oleh Kepala sekolah menanamkan kedisiplinan melalui kebiasaan berkebun tanaman herbal di SMP Islam terpadu Al-Imron Sumenep. Ketiga, Bagaimana hasil dari upaya Kepala sekolah dalam menanamkan kedisiplinan melalui kebiasaan berkebun tanaman herbal di SMP Islam Terpadu Al-Imron Sumenep.
Dalam penelitian ini pendekatan yang dilakukan oleh peneliti yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan yang menjadi sumber data yaitu kepala Sekolah, guru dan siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, strategi kepala sekolah dalam menanamkan kedisiplinan siswa di SMP Islam Terpadu Al-Imron Sumenep yaitu dilakukan dengan cara mengatur, membina dan mengawasi jalannya proses pendidikan di sekolah. Kepala sekolah juga bertugas memberikan motivasi dan teladan kepada bawahannya karena ia menjadi role model bagi guru dan siswa yang ada di sekolah. Kedua, Bagaimana upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah menanamkan kedisiplinan melalui kebiasaan berkebun tanaman herbal di SMP Islam terpadu Al-Imron Sumenep. Kepala sekolah menanamkan kedisiplinan kepada siswa tentunya saya harus memberikan contoh terlebih dahulu, akan tetapi masih ada sebagian siswa yang terlambat datang ke sekolah dengan berbagai alasan, seperti membantu orang tua menyiram tanaman di rumahnya.
Ketiga, Bagaimana hasil dari upaya Kepala sekolah dalam menanamkan kedisiplinan melalui kebiasaan berkebun tanaman herbal di SMP Islam Terpadu Al-Imron Sumenep. Yaitu dengan cara belajar membudidayakan tanaman herbal dan berminat menanam tanaman herbal di sekitar rumah sebagai obat-obatan tradisional yang tidak menyebabkan efek samping karena masih bisa dicerna oleh tubuh.
.
Kata Kunci: Peran Kepala Sekolah, Kedisiplinan.
Kepala sekolah merupakan persamaan dari school principal yang memiliki tugas untuk menjalankan principalship atau ke-kepala sekolahan. displin adalah perintah yang diberikan oleh orangtua kepada anak atau guru kepada murid. Perintah tersebut diberikan kepada anak atau murid agar ia melakukan apa yang diinginkan oleh orangtua dan guru
Berdasarkan penjelasan diatas muncul beberapa fokus penelitian sebagai berikut: pertama, Bagaimana peran Kepala sekolah dalam menanamkan kedisiplinan siswa di SMP islam terpadu Al-Imron Sumenep. Kedua, Bagaimana upaya yang dilakukan oleh Kepala sekolah menanamkan kedisiplinan melalui kebiasaan berkebun tanaman herbal di SMP Islam terpadu Al-Imron Sumenep. Ketiga, Bagaimana hasil dari upaya Kepala sekolah dalam menanamkan kedisiplinan melalui kebiasaan berkebun tanaman herbal di SMP Islam Terpadu Al-Imron Sumenep.
Dalam penelitian ini pendekatan yang dilakukan oleh peneliti yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan yang menjadi sumber data yaitu kepala Sekolah, guru dan siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, strategi kepala sekolah dalam menanamkan kedisiplinan siswa di SMP Islam Terpadu Al-Imron Sumenep yaitu dilakukan dengan cara mengatur, membina dan mengawasi jalannya proses pendidikan di sekolah. Kepala sekolah juga bertugas memberikan motivasi dan teladan kepada bawahannya karena ia menjadi role model bagi guru dan siswa yang ada di sekolah. Kedua, Bagaimana upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah menanamkan kedisiplinan melalui kebiasaan berkebun tanaman herbal di SMP Islam terpadu Al-Imron Sumenep. Kepala sekolah menanamkan kedisiplinan kepada siswa tentunya saya harus memberikan contoh terlebih dahulu, akan tetapi masih ada sebagian siswa yang terlambat datang ke sekolah dengan berbagai alasan, seperti membantu orang tua menyiram tanaman di rumahnya.
Ketiga, Bagaimana hasil dari upaya Kepala sekolah dalam menanamkan kedisiplinan melalui kebiasaan berkebun tanaman herbal di SMP Islam Terpadu Al-Imron Sumenep. Yaitu dengan cara belajar membudidayakan tanaman herbal dan berminat menanam tanaman herbal di sekitar rumah sebagai obat-obatan tradisional yang tidak menyebabkan efek samping karena masih bisa dicerna oleh tubuh.
.
Kata Kunci: Peran Kepala Sekolah, Kedisiplinan.
Kepala sekolah merupakan persamaan dari school principal yang memiliki tugas untuk menjalankan principalship atau ke-kepala sekolahan. displin adalah perintah yang diberikan oleh orangtua kepada anak atau guru kepada murid. Perintah tersebut diberikan kepada anak atau murid agar ia melakukan apa yang diinginkan oleh orangtua dan guru
Berdasarkan penjelasan diatas muncul beberapa fokus penelitian sebagai berikut: pertama, Bagaimana peran Kepala sekolah dalam menanamkan kedisiplinan siswa di SMP islam terpadu Al-Imron Sumenep. Kedua, Bagaimana upaya yang dilakukan oleh Kepala sekolah menanamkan kedisiplinan melalui kebiasaan berkebun tanaman herbal di SMP Islam terpadu Al-Imron Sumenep. Ketiga, Bagaimana hasil dari upaya Kepala sekolah dalam menanamkan kedisiplinan melalui kebiasaan berkebun tanaman herbal di SMP Islam Terpadu Al-Imron Sumenep.
Dalam penelitian ini pendekatan yang dilakukan oleh peneliti yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan yang menjadi sumber data yaitu kepala Sekolah, guru dan siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, strategi kepala sekolah dalam menanamkan kedisiplinan siswa di SMP Islam Terpadu Al-Imron Sumenep yaitu dilakukan dengan cara mengatur, membina dan mengawasi jalannya proses pendidikan di sekolah. Kepala sekolah juga bertugas memberikan motivasi dan teladan kepada bawahannya karena ia menjadi role model bagi guru dan siswa yang ada di sekolah. Kedua, Bagaimana upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah menanamkan kedisiplinan melalui kebiasaan berkebun tanaman herbal di SMP Islam terpadu Al-Imron Sumenep. Kepala sekolah menanamkan kedisiplinan kepada siswa tentunya saya harus memberikan contoh terlebih dahulu, akan tetapi masih ada sebagian siswa yang terlambat datang ke sekolah dengan berbagai alasan, seperti membantu orang tua menyiram tanaman di rumahnya.
Ketiga, Bagaimana hasil dari upaya Kepala sekolah dalam menanamkan kedisiplinan melalui kebiasaan berkebun tanaman herbal di SMP Islam Terpadu Al-Imron Sumenep. Yaitu dengan cara belajar membudidayakan tanaman herbal dan berminat menanam tanaman herbal di sekitar rumah sebagai obat-obatan tradisional yang tidak menyebabkan efek samping karena masih bisa dicerna oleh tubuh.
.
KATA KUNCI: peran kepala sekolah , kedisiplinan
kepda selolah merupakan persamaan dari school principal yang ,memiliki tugas untuk menjalankan principalship atau ke-kepala sekolahan
Tidak tersedia versi lain