Text
Penggunaan Metode Permainan Bisik Berantai Pada Keterampilan Menyimak Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di Kelas V SDN Jalmak 1 Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci : Metode Permainan Bisik Berantai, Menyimak, Pelajaran Bahasa Inggris.
Metode permainan bisik berantai merupakan suatu metode permainan dalam
pembelajaran yang berbentuk kelompok dengan membisikkan kata atau kalimat secara
berantai. Dengan adanya metode permainan bisik berantai ini dalam mata pelajaran bahasa
inggris kemungkinan dapat melatih keterampilan menyimak siswa saat pembelajaran
berlangsung. Berdasarkan rumusan masalah diatas maka rumusan masalah pada penelitian ini
adalah Pertama, bagaimana penggunaan metode permainan bisik berantai?. Kedua, apa saja
faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan metode permainan bisik berantai?.
Ketiga, apa saja solusi dalam meminimalisir hambatan yang terjadi dalam penggunaan metode
permainan bisik berantai pada keterampilan menyimak mata pelajaran bahasa Inggris?.
Adapun tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaannya, untuk mengetahui
faktor pendukung dan faktor penghambat, untuk mengetahui solusi dalam meminimalisir
hambatan yang terjadi.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan jenisnya
deskriptif. Hasil dari deskripsi pada skripsi ini diperoleh dari hasil observasi, peneliti dapat
mengamati langsung kelapangan saat kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode
permainan bisik berantai, selain itu peneliti juga menggunakan wawancara secara langsung
kepada sumber data, serta adanya dokumentasi sebagai pengumpulan data.
Dari hasil penelitian yang peneliti dapat tentang penggunaan metode permainan bisik
berantai pada keterampilan menyimak mata pelajaran bahasa Inggris di kelas V SDN Jalmak 1
Kabupaten Pamekasan yang Pertama, sebelum metode permainan bisik berantai ini diterapkan
guru menjelaskan aturan yang ada dan di akhir pembelajaran guru memberikan skor tambahan
nilai dan membuat kesimpulan serta pertayaan. Kedua, faktor pendukung yang mana adanya
buku paket bahasa Inggris, antusias siswa, meningkatkan keterampilan menyimak siswa, dan
dapat memberikan kesan pembelajaran yang bermakna. faktor penghambatnya seperti fasilitas
ruang kelas yang kurang memadai siswa, sedikit kurang kondusif, siswa kesulitan dalam
mengucapkan kosa kata berbahasa Inggris. Ketiga, adapun hambatan yang ada guru dapat
memberikan solusi agar pembelajaran bisa berlangsung dengan lancar dan pembelajaran dapat
bermakna, adapun solusinya yaitu dengan mengajak siswa ke halaman sekolah, guru
mempraktikkan cara bacaan kata atau kalimat dalam pengucapan bahasa Inggris yang benar
dan menekankan peraturan dalam permainan bisik berantai dengan baik dan benar serta
memberikan reward berbentuk benda
Tidak tersedia versi lain