Text
Upaya Guru Dalam Menciptakan Etika Komunikasi Yang Baik Dengan Siswa di MI Bustanul Mubtadiin Proppo Pamekasan
Kata Kunci: Guru, Etika, Komunikasi, Siswa
Etika komunikasi memiliki peranan penting dalam kehidupan sosial masyarakat, tidak terkecuali dalam suatu lembaga pendidikan yang didalamnya terdapat proses kegiatan belajar mengajar. Proses interaksi antara guru dan siswa, dan juga siswa dengan siswa lainnya perlu diperhatikan sesuai dengan norma-norma yang ada, kemudian tujuan suatu lembaga pendidikan dalam membentuk kepriadian dan etika siswa terwujud.
Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam menciptakan etika komunikasi yang baik dengan siswa di MI Bustanul Mubtadiin Proppo Pamekasan; 2) Untuk mengetahui apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat guru dalam menciptakan etika komunikasi yang baik dengan siswa di MI Bustanul Mubtadiin Proppo pamekasan; dan 3) Untuk mengetahui bagaimana gambaran keberhasilan guru dalam menciptakan etika komunikasi yang baik dengan siswa di MI Bustanul Mubtadiin Proppo pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yaitu penelitian yang dimaksudkan untuk membuat deskripsi mengenai kejadian-kejadian yang berlangsung. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi (pengamatan), wawancara dan analisis dokumen (dokumentasi). Tahap-tahap analisis data yang digunakan adalah mereduksi data, penyajian data (display data), dan menarik kesimpulan (verifikasi).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Upaya yang dilakukan guru dalam menciptakan etika komunikasi yang baik dengan siswa yaitu dengan memberikan pengajaran dan edukasi, pengarahan dan bimbingan serta menjalin hubungan sosial yang baik antara guru yang sudah ditetapkan dalam pedoman siswa; 2) Faktor pendukung guru dalam menciptakan etika komunikasi yang baik dengan siswa yaitu: a) adanya peraturan yang mengatur tentang sikap dan perilaku siswa; b) menggunakan bahasa yang dapat dipahami oleh siswa; dan c) menjalin komunikasi yang baik dengan orang tua siswa agar kegiatan-kegiatan atau aturan yang diterapkan di sekolah dapat juga diterapkan di rumah. Sedangkan faktor penghambat yaitu, ada sebagian siswa yang belum bisa menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan ada sebagian siswa yang melanggar peraturan tata cara berkomunikasi yang diterapkan di sekolah; dan 3) Gambaran keberhasilan guru dalam menciptakan etika komunikasi yang baik dengan siswa di MI Bustanul Mubtadiin Proppo Pamekasan yaitu, guru dapat menciptakan suasana belajar mengajar yang menyenangkan bagi siswa, anak menjadi sopan dan ramah kepada siapapun dalam berkomunikasi.
Tidak tersedia versi lain