Text
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas III SDN Plakpak 4 Pamekasan
Kata Kunci:, Penerapan, Problem Based Learning, Hasil Belajar Matematika
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika yang rendah pada
siswa kelas III SDN Plakpak 4. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah
apakah dengan menerapkan Model pembelajaran Problem Based Learning dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas 3 SDN
Plakpak 4, Sehingga penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar
siswa pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran
Problem Based Learning.
Berdasarkan hal tersebut maka peneliti dalam penelitian ini fokus pada 3
permasalahan pokok, yaitu: Pertama, Apa saja yang harus disiapkan seorang guru
ketika akan memulai pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran
Problem Based Learning. Kedua Bagaimana Penerapan Pembelajaran Problem
Based Learning di SDN Plakpak 4 Pamekasan. Ketiga Bagaimana hasil belajar
siswa setelah diterapkannya model Pembelajaran Problem Based Learning di kelas
III SDN Plakpak 4
Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian
Deskriptif. Sumber data dari penelitian ini adalah guru, kepala sekolah, guru
Pendamping serta siswa kelas III SDN Plakpak 4 pamekasan. Data yang diperoleh
yaitu dengan menggunakan 3 tahapan yakni Observasi, Wawancara secara
Terpimpin, dan Dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama hal yang perlu dipersiapkan guru
ketika memulai pembelajaran Problem Based Learning adalah RPP, Buku guru,
Buku Siswa, Media pembelajaran, Serta soal latihan. Kedua dalam penerapan
Problem Based Learning terdapat 5 hal pokok yang menjadi ciri Khas yakni:a)
Guru bercerita tentang pecahan dan memberikan contoh dengan sebuah kue yang
dipotong menjadi 2 bagian . b)guru menjelaskan konsep pecahan. c) Guru membagi
siswa menjadi beberapa kelompokmasing- masing kelompok membawa satu kardus
sebagai bahan latihan materi pecahan. d)siswa diberikan kesempatan untuk
mempersentasikan hasil jawaban. e) guru mengevaluasi hasil jawaban tiap
kelompok . Ketiga adanya peningkatan hasil belajar pada siswa kelas III pelajaran
Matematika, ini dapat dilihat dari nilai sebelum diterapkannya model pembelajaran
Problem Based Learning nilai rata- rata yang diperoleh siswa 68% dan sesudah
menggunakan model Problem Based learning hasil belajar siswa naik menjadi 79%
yang menunjukkan hasil belajar siswa naik sebanyak 11% dengan rincian dari 13
siswa 12 siswa sudah mencapai KKM sedangkan 1 siswa belum mencapai KKM
Tidak tersedia versi lain