Text
Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan
Kata Kunci: Prestasi Belajar, Problem Based Learning
Hasil belajar Tematik di SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan
terbilang rendah, terbukti dari rata-rata hasil hasil belajar siswa yang belum
mencapai KKM 75. Hal ini dikarenakan metode belajar yang digunakan guru
belumlah bervariasi, monoton, dan kurang melibatkan anak dalam belajar.
Sehingga kurang memacu siswa berpikir aktif dan kreatif, jenuh dan bosan saat
pembelajaran berlangsung. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana
perencanaan, penerapan, dan hasil penerapan metode pembelajaran Problem
Based Learning pada pembelajaran tematik dalam meningkatkan prestasi belajar
siswa kelas IV SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan. Adapun jenis
penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan langkah
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. PTK ini dilaksanakan dengan
dua siklus. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 2-3 Desember 2021 dan Siklus II
dilaksanakan pada tanggal 20 Januari 2022. Penelitian ini dilakukan pada kelas IV
SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan dengan jumlah 16 siswa terdiri dari
12 laki-laki dan 4 perempuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran Problem Based
Learning dapat meningkatkan prestasi belajar Tematik materi Tema 1 Indahnya
Kebersamaan Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman Agama. Jenis metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK). Data dikumpulkan melalui wawancara, lembar observasi aktivitas siswa
dan soal tes hasil belajar. Hasil penelitian skripsi ini menunjukkan bahwa; (1)
Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 75% berada pada (katagori baik), dan
meningkat pada siklus II sebesar 91,25% (kategori baik sekali). (2) Hasil belajar
siswa pada siklus I sebesar 56,25% (kategori cukup), dan meningkat pada siklus II
sebesar 81,25% (kategori baik). Dengan demikian bisa dapat kita simpulkan
bahwa Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning pada
pembelajaran Tematik sudah mampu meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV
SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan sudah tercapai
Tidak tersedia versi lain