Text
Penerapan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran Temaik Muatan IPS Siswa Kelas IV di SDN Pakandangan Sangra Bluto Sumenep
Kata Kunci: Media PopUp Book, Hasil Belajar Siswa
Penelitian ini membahas tentang Penerapan media Pop Up Book untuk
meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tematik muatan IPS siswa kelas IV di
SDN Pakandangan Sangra Bluto Sumenep yang masih rendah hasil belajar siswa
pada pembelajaran tematik muatan IPS karena kurangnya kemampuan dalam
memahami pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan
media Pop Up Book pada pembelajaran tematik muatan IPS dan mendeskripsikan
hasil belajar siswa dengan menggunakan media Pop Up Book pada pembelajaran
tematik muatan IPS siswa kelas IV.
Adapun penelitian ini memiliki dua fokus penelitian yang menjadi
pembahasan pokok sebagai berikut: Pertama, bagaimana guru menerapkan media
Pop Up Book pada pembelajaran tematik muatan IPS siswa kelas IV di SDN
Pakandangan Sangra Bluto Sumenep. Kedua, bagaimana hasil belajar pada
pembelajaran tematik muatan IPS dengan penerapan media Pop Up Book siswa kelas
IV di SDN Pakandangan Sangra Bluto Sumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
kualitatif deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui Observasi, wawancara
terstruktur, dan dokumentasi. Yang menjadi informan adalah kepala sekolah, guru,
dan peserta didik. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui
triangulasi sumber dan metode.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, dalam Penerapan
media Pop Up Book sangat diperlukan untuk membuat siswa lebih semangat dan
termotivasi dalam proses pembelajaran, karena siswa kelas IV masih cenderung pasif
dalam mengikuti pembelajaran dan siswa masih kurang memahami materi yang
diberikan oleh guru. Dalam penerapan media Pop Up Book guru mempersiapkan halhal yang dibutuhkan seperti: RPP dan Media yang sesuai dengan materi pembelajaran
tematik muatan IPS (mata pencaharian penduduk berdasarkan tempat tinggalnya).
Kedua, bahwa penerapan media Pop Up Book dapat membuat siswa mengalami
perkembangan dalam meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tematik muatan
IPS siswa kelas IV di SDN Pakandangan Sangra Bluto Sumenep. Peningkatan hasil
belajar siswa dapat terlihat pada nilai yang diperoleh oleh siswa setelah guru
menjelaskan materi dengan menggunakan media Pop Up Book dan siswa pun jauh
lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran. Dari 18 orang siswa sudah dapat dikatakan
mencapai kriteria meningkatnya hasil belajar dengan baik. Siswa sudah mampu
memenuhi kriteria ketuntasan KKM yang ditentukan oleh guru.
Tidak tersedia versi lain