Text
Musala Sekolah Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Religius Siswa di SMP Negeri 5 Pamekasan
Kata Kunci:Musala Sekolah, Sarana Prasarana, Karakter Religius
Musala sekolah merupakan tempat ibadah dalam menjalankan
aktivitasdalam beribadah yang digunakan warga yang ada di sekolah dan
dimanfaatkan sebagai prasarana program pendidikan, yang dapat dijadikan tempat
bermusyawarah maupun tempat terlaksananya suatu pendidikan dan menuntut
ilmu disekolah dan juga dibangun untuk membentuk karakter religius siwa supaya
berakhlakul karimah.
Berdasarkan hal tersebut, maka terdapat tiga permasalahan yang menjadi
kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana implementasi
musala dalam membentuk karakter religius siswa di SMP Negeri 5 Pamekasan;
kedua, bagaimana hasil dari implementasi musala sekolah dalam membentuk
karakter religius siswa di SMP Negeri 5 Pamekasan; ketiga, apa saja faktor-faktor
pendukung keberhasilan musala dalam membentuk karakter religius siswa di SMP
Negeri 5 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Sumber data diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Jenis wawancara yang digunakan adalah wawancara
semiterstruktur, sedangkan jenis observasi yang digunakan adalah observasi non
partisipan. Informannya terdiri dari kepala sekolah, waka sarana dan prasarana,
dan siswa.
Hasil penelitia menunjukkan bahwa: pertama, implementasi musala dalam
membentuk karakter religius siswa di SMP Negeri 5 Pamekasan sesuai dengan
visi misi yang ada di SMP Negeri 5 Pamekasan yaitu mewujudkan output siswa
yang berakhlakul karimah melalui program pembiasaan yang dijalankan sekolah
supaya dapat membentuk kepribadian dan tingkah laku yang menanamkan nilainilai agama agar tercipta insan yang religius; kedua, hasil dari implementasi
musala sekolah dalam membentuk karakter religius siswa di SMP Negeri 5
Pamekasan cukup signifikan dari siswa yang tidak memiliki akhlakuk karimah
sekarang memiliki akhlak yang baik, dengan adanya prasarana musala dengan
membiasakan sholat dhuha, sholat dzuhur berjemaah, jum’at amal, membaca do’a
sebelum pelajaran dimulai dan dilanjutkan dengan membaca juz amma dan
kegiatan yang lainnya seperti ekstrakulikuler keagamaan; ketiga, ada faktor-faktor
pendukung keberhasilan musala dalam membentuk karakter religius siswa di SMP
Negeri 5 Pamekasan seperti adanya dukungan dari orang tua siswa, komitmen
bersama dengan warga sekolah, dan juga fasilitas yang memadai
Tidak tersedia versi lain