Text
Kebiasaan Belajar Siswa Berprestasi di SDN Barurambat Kota 1 Pamekasan
Kata Kunci : Pendidikan, Siswa, Prestasi
Kebiasaan belajar siswa disekolah ataupun dirumah sangat menentukan
prestasi belajar yang akan dihasilkan. Dalam melakukan suatu proses
pembelajaran tentunya kompetensi guru dan kompetensi dari peserta didik perlu
diperhatikan. Dilihat dari prosesnya, kebiasaan belajar memang lebih
mendominasi pada tingkah laku atau kebiasaan siswa dalam proses pembelajaran
secara rutin atau konsisten. Siswa yang memiliki kebiasaan belajar yang baik,
maka secara langsung akan memberikan pengaruh positif kepada dirinya seperti
berprestasi di bidang akademik.
Berdasarkan hal tersebut maka ada dua permasalahan yang menjadi
kajianpokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana kebiasaan belajar
siswaberprestasi di SDN Barurambat Kota 1 Pamekasan, kedua, apa saja faktorfaktoryangmempengaruhikebiasaanbelajar siswa
berprestasidiSDNBarurambatKota1 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif lapangan. Termasuk
dalam kualitatif deskriptif yang berupakata-kata tertulis atau secara lisan dari
orang-orang dan perilaku yang diamati olehpeneliti. Dalam hal ini menjadikan
kepala sekolah, guru Pembina bimbingan belajar, guru kelas 5 C, 3 siswa kelas 5
C yang memiliki nilai tertinggi, dan perwakilan siswa berprestasi di SDN
Barurambat Kota 1 sebagai sumber data dalam penelitian ini.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, kebiasaan belajar pada
siswa berprestasi di SDN Barurambat Kota 1 Pamekasan meliputi: membuat
jadwal mandiri, mengikuti pelajaran atau bimbingan belajar, mengulangi
pelajaran, fokusketika belajar, dan mengerjakan soal-soal atau tugas. kedua,
kebiasaan belajar siswa berprestasi di SDN Barurambat Kota 1 Pamekasan
sangatberpengaruhterhadapprestasi-prestasimereka.Danfaktor-faktor yang
mempengaruhi kebiasaan belajar siswa berprestasi di SDN Barurambat Kota 1
Pamekasan berasal dari siswa itu sendiri dan berasal dari luar yaitu, keluarga,
teman, dan lingkungan
Tidak tersedia versi lain